Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Komentar Rossi, Vinales dan Zarco Soal Sirkuit Buriram

Kompas.com - 16/02/2018, 11:42 WIB
Setyo Adi Nugroho,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

BURIRAM, KOMPAS.com - Sirkuit Chang International, Buriram, Thailand atau yang dikenal dengan sirkuit Buriram menjadi sirkuit terbaru yang harus dihadapi pebalap MotoGP di musim 2018 ini. Para pebalap MotoGP pun saling menceritakan pengalamannya berhadapan dengan sirkuit yang dibangun sejak 2014 tersebut.

Pebalap tim Yamaha Movistar Valentino Rossi misalnya, baginya berada di sirkuit baru membuat pebalap harus bekerja ekstra.

"Kita tidak tahu karena mulai dari nol. Kita harus mengerti bagaimana kondisi aspal, ban serta motor. Kemudian pebalap harus mengerti racing line yang benar agar dapat mencatatkan waktu tercepat," ucap Rossi di tengah acara peluncuran tim balap Yamaha Factory Racing, Kamis (15/2/2018).

Menurut juara dunia MotoGP tujuh kali itu, pebalap harus memaksimalkan waktu tiga hari tes di Buriram. Ini agar mereka dapat mempersiapkan segalanya dengan maksimal pada pergelaran MotoGP di sirkuit ini Oktober mendatang.

Rekan satu tim Rossi, Maverick Vinales mengungkapkan bahwa ia menantikan untuk berlaga di sirkuit ini. Kehadiran MotoGP di Buriram bagus untuk para penggemar.

"Saya sudah berkeliling tadi dengan menggunakan skuter serta berlari. Saya suka kondisi di dalam dan luar trek," ucap Vinales.

Pebalap Yamaha Tech3 Johan Zarco merasa kehadiran Buriram baginya jauh lebih menarik. Sebab ini akan menjadi pengalaman pertamanya untuk mendapatkan settingan motor yang terbaik.

"Tahun lalu saya hanya mempelajari semua trek. Untuk sepeda motor karena basisnya sudah dikerjakan dengan baik oleh tim pabrikan dan bekerja baik hampir di semua balapan, tahun ini sedikit berbeda. Saya harus melakukan setting untuk feeling, elektrik dan semua. Saya harus menjadi lebih cepat," ucap Zarco.

Lin Jarvis Managing Director tim Yamaha Racing mengungkapkan berada di sirkuit baru tidak hanya melihat dari pebalap saja. Tim juga perlu melakukan persiapan yang jauh lebih banyak agar para pebalap dapat berlaga 100 persen.

"Dan kita tiba nanti di saat kejuaraan sudah masuk ke masa-masa yang lebih ketat. Kita ingin memberikan piece of mind bagi pebalap agar mereka dapat bekerja dengan maksimal juga para teknisi untuk dapat bekerja dengan baik. Saya melihat kesiapan pengelola sirkuit sudah memenuhi ekspektasi dan saya berharap kita dapat bertemu lagi akhir tahun nanti," ucap Lin.

Tes pramusim di Buriram akan berlangsung mulai Jumat (16/2/2018) sampai Minggu (18/2/2018). Seri MotoGP di Buriram sendiri akan berlangsung Oktober 2018 mendatang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com