Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Toyota Tanam Sakura di Tawangmangu

Kompas.com - 28/01/2018, 09:22 WIB

Tawamangu, KOMPAS.com - Toyota Indonesia menginisiasi perayaan hubungan persahabatan Indonesia Jepang yang menginjak usia 60 tahun dengan penanaman pohon sakura di dusun Tlogodringo, Desa Gondosuli, Cemoro Kandang, Tawamangu, Sabtu (27/1/2018).

Dalam penanaman perdana ini sebanyak 60 pohon sakura ditanam di tanah seluas 1,2 hektar dari rencana lima hektar tanah yang akan ditambah dalam lima tahun ke depan.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo ikut meresmikan Taman Sakura di Lawu (Sakral) ini bersama dengan perwakilan kedutaan besar Jepang dan pejabat daerah Jawa Tengah.

"Dulu waktu istri saya sekolah di Jepang, saya ke Osaka dan melihat saat sakura tengah mekar. Harapannya keindahannya itu saya ingin terjadi disini," ucap Ganjar dalam pidato pembukaan.

Presiden Direktur PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) Andang Warih Tjahjono berharap keberadaan pohon sakura ini dapat menjadi daya tarik wilayah Tawamangu dan sekitarnya.

"Semoga ke depannya dapat menjadi ikon wisata daerah ini. Jadi tidak hanya keindahannya dapat dinikmati masyarakat Indonesia namun juga diharapkan meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar melalui industri pariwisata," ujar Warih.

Pohon sakura ini diharapkan dapat mulai berbunga dalam kurun waktu lima tahun mendatang. Pada Maret 2018 mendatang akan ditanam tambahan 40 pohon lagi sehingga total menjadi 100 pohon.

Penanaman pohon sakura menambah total aktivitas penghijauan Toyota di seluruh wilayah Indonesia yang hingga tahun ini mencapai 1,3 juta pohon.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com