Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

TMMIN Uji Coba Truk CNG

Kompas.com - 13/12/2017, 09:02 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) belum menyerah mengembangkan teknologi bahan bakar gas berupa CNG (Compressed Natural Gas). Setelah usaha mendekatkan converter kit CNG buat taksi tidak sukses, TMMIN ingin mengaplikasikan pemakaiannya untuk kalangan internal.

Wakil Presiden TMMIN Edward Otto Kanter menjelaskan pengembangan CNG bakal masuk ke sisi komersial. Sasaran pemakaiannya yakni truk-truk operasional TMMIN, seperti truk distribusi unit.

“Karena truk emisinya tinggi, kan mesinnya besar. Formalnya nanti saja jelaskan,” ucap Edward, di Jakarta, Selasa (12/12/2017).

Edward tidak mau menjelaskan lebih banyak soal aplikasi  CNG pada truk. Dia hanya mengingatkan, TMMIN sudah lama mengembangkan teknologi CNG.

Baca: Toyota Siapkan Limo CNG Jadi Taksi

Prototipe Toyota Limo CNGFebri Ardani Prototipe Toyota Limo CNG

TMMIN sempat memamerkan prototipe Limo CNG di Indonesia-Japan Expo pada 2013 lalu. Waktu itu TMMIN mau teknologi CNG dipakai taksi karena nilai ekonomis yang ditawarkan bisa menguntungkan bisnis pengusaha taksi.

Momentum pemanfaatan CNG untuk kendaraan habis karena dorongan pemerintah terasa jalan di tempat. Produksi massal Limo CNG ataupun converter kit CNG juga belum kejadian. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com