Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ancam Keluar, Formula 1 Tak Bisa Hidup Tanpa Ferrari?

Kompas.com - 06/01/2018, 08:42 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Mantan orang nomor satu Formula 1 Bernie Ecclestone, akhirnya ikut angkat bicara soal Ferrari yang akan keluar dari ajang balap jet darat. Tak sekali memang merek berlambang kuda jingkrak tersebut mengancam akan keluar.

Ecclestone yakin, kalau Ferrari tak sekedar menggertak untuk keluar dari Formula 1, dan sarannya pihak F1 harus menganggapinya dengan serius. Pasalnya kalau itu benar terjadi, F1 mungkin tidak dapat bertahan tanpa tim paling ikonik di grid.

CEO Ferrari dan Chairman Sergio Marchionne beberapa kali mengungkapkan keinginan tersebut dan terakhir pada penghujung 2017, sebagai tanggapan atas rencana Liberty Media pemilik baru F1, yang menawarkan aturan mesin baru yang diusulkan untuk musim 2021.

Ecclestone juga mengatakan, dirinya khawatir Ferrari bisa bertahan di luar balapan grand prix, sementara Formula 1 mungkin tidak dapat bertahan tanpa merek Ferrari. Mantan CEO F1 itu juga menyebut kalau Marchionne merupakan sosok yang berbeda dengan CEO Ferrari sebelumnya.

Baca juga : Ferrari Tidak Main-main, Ancam Keluar dari Formula 1

Pebalap Ferrari asal Jerman Sebastian Vettel melaju dalam sesi latihan ketiga Formula One Grand Prix di Sirkuit Sepang, Malaysia, Sabtu (30/9/2017). Kemarin, pebalap Ferrari menjadi yang tercepat dalam sesi latihan kedua, meskipun terjadi insiden kecelakaan pebalap tim Haas Romain Grosjean yang menyebabkan sesi latihan tidak bisa dilanjutkan lagi meski masih tersisa 15 menit. ROSLAN RAHMAN Pebalap Ferrari asal Jerman Sebastian Vettel melaju dalam sesi latihan ketiga Formula One Grand Prix di Sirkuit Sepang, Malaysia, Sabtu (30/9/2017). Kemarin, pebalap Ferrari menjadi yang tercepat dalam sesi latihan kedua, meskipun terjadi insiden kecelakaan pebalap tim Haas Romain Grosjean yang menyebabkan sesi latihan tidak bisa dilanjutkan lagi meski masih tersisa 15 menit.

“Jika itu adalah Luca di Montezemolo mantan Chairman Ferrari, mungkin Anda tidak perlu menganggapnya serius, karena Motorsport adalah kehidupan Luca. Namun Sergio bisa hidup tanpa Formula 1. Dia hanya tertarik dengan bisnis, yang paling penting baginya adalah dia bisa memberi para pemegang saham hasil bisnis yang bagus,” ucap Ecclestone.

"Jika Marchionne tidak menyukai jalur Formula 1, maka dia akan berhenti. Saya khawatir Ferrari bisa hidup tanpa Formula 1, bukan sebaliknya,” kata Ecclestone.

Ferrari saat ini masih terikat kontrak untuk ikut berkompetisi di F1 sampai 2020 di bawah Concorde Agreement, di mana keuntungan komersial yang didapatkan dari situ diduga akan ditinjau ulang oleh Liberty Media.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com