Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Daftar Mobil Toyota di Indonesia yang Pakai "Airbag" Lokal

Kompas.com - 02/01/2018, 09:22 WIB
Aditya Maulana

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif - Model Toyota yang dijual di Indonesia, selain pakai kantung udara (airbag) dari merek Takata (Jepang), ada juga buatan lokal. Khususnya untuk mobil hasil produksi Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN).

Berdasarkan data yang diperoleh KompasOtomotif, dari bahan program special service campaign (SSC) PT Toyota Astra Motor (TAM) soal Takata, dijelaskan bahwa tidak 100 persen airbag lokal itu dari penyuplai Indonesia, karena masih ada beberapa bagian yang diimpor.

"Yang jelas ada beberapa pemasok, baik itu impor, region, dan lokal yang memasok Toyota sekarang ini," kata General Manager Technical Service PT TAM Dadi Hendriadi kepada KompasOtomotif belum lama ini.

Baca juga: TAM Belum Pernah Terima Laporan Insiden "Airbag" Takata

Secara kualitas, lanjut Dadi sudah terjamin karena telah dipastikan oleh desainer dan disesuaikan dengan standar yang dimiliki Toyota secara global.

"Paling penting lagi, kejadian seperti Takata yang dikarenakan bahan yang digunakan sebagai propellant sudah dipastikan tidak digunakan lagi oleh pemasok lainnya," ujar Dadi.

Toyota All New Sienta.Istimewa Toyota All New Sienta.

Perusahaan pemasok kantung udara Toyota sekarang ini berdasarkan data yang didapat KompasOtomotif, berasal dari Indonesia, Thailand, India, Jepang, hingga Swedia. Hanya satu pemasok lokal, yaitu Toyota Gosei Safety System Indonesia.

Perlu diketahui, model Toyota yang diproduksi oleh TMMIN seperti Kijang Innova, Fortuner, Vios, Etios, Yaris dan Sienta. Sementara itu, Direktur Teknikal TMMIN Yui Hastoro membenarkan bahwa ada beberapa model yang menggunakan kantung udara lokal.

"Model tersebut, yaitu Innova, Fortuner, Vios, Yaris dan Sienta," ucap Yui kepada KompasOtomotif melalui pesan singkat, Senin (1/1/2018) malam.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com