BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan Toyota Astra Motor

Toyota: Masalah Keselamatan “Airbag” Takata, Kasih Tahu Tetangga...

Kompas.com - 27/12/2017, 14:56 WIB
Dimas Wahyu

Penulis

KOMPAS.com – Problem airbag Takata—yang bisa melontarkan pecahan logam saat mengembang—sedang menjadi pembahasan belakangan ini.

Lembaga keselamatan NHTSA di Amerika Serikat membuat daftar mobil yang terlibat untuk segera mengganti komponen airbag tersebut.

Baca: Perlu Tahu, Takata Suplai Airbag Honda, Toyota, Mercy, sampai Ferrari

Sebagai bentuk tanggung jawab, Takata selaku produsen airbag yang bermasalah itu juga memproduksi komponen pengganti. Jumlahnya pun sangat banyak.

Baca: Kenapa Kasus "Airbag" Takata Berlarut-larut?

Untuk mobil-mobil di Indonesia, Toyota Astra Motor juga mendapatkan informasi bahwa penggantian komponen ini berlaku bagi mobil-mobil mereka.

Oleh karenanya, mereka langsung mengadakan kampanye perbaikan Toyota Campaign 3P (Pastikan, Periksa, Perbaiki) serta membuat situs pengecekan apakah mobil Toyota perlu penggantian komponen yang sama.

Situs itu beralamat di toyota.astra.co.id/ssc dan bersifat gratis.

Nomor hotline 1-500-315 juga disediakan, selain bahwa pihak Toyota Astra Motor akan menghubungi para pemilik mobil. Datanya didasari pada daftar nomor kontak pembeli atau pengguna jasa servis di bengkel resmi Toyota.

Baca: Belum Dihubungi Toyota untuk Ganti "Airbag" Takata? Ini Penjelasannya

Meski demikian, kemungkinan masih banyak yang belum mengetahui kampanye penggantian komponen yang bersifat gratis ini.

“Ini kan hal yang terkait keselamatan orang-orang. Alangkah baiknya memberitahukan, entah kepada tetangga, saudara, teman kantor (para pengguna Toyota). Alangkah baiknya mereka diingatkan,” kata Iwan Abdurahman, Workshop Department Head Technical Service Division Toyota Astra Motor, Selasa (5/9/2017).

Toyota Astra Motor Workshop Sunter, Jakarta Utara.Dimas Wahyu Toyota Astra Motor Workshop Sunter, Jakarta Utara.
Inisiatif untuk memberi tahu pengguna model Toyota yang perlu penggantian komponen pun sudah dilakukan beberapa orang.

Menurut cerita salah satu staf di meja administrasi bengkel Toyota Astra di Sunter, inisiatif itu dilakukan oleh seorang pengemudi pool di sebuah kantor.

“Ada driver kendaraan pool. Begitu dia tahu kampanye ini, dia ambil catatan. Dia bilang, ‘Ya sudah nanti saya hubungi mobil-mobil (Toyota yang terlibat milik) orang-orang sekantor’,” ujar Aga, staf tersebut.

Baca: Mau Ganti “Airbag” Takata di Bengkel Toyota? Begini Prosesnya...

Toyota Astra Motor sendiri meneruskan data Takata bahwa penggantian komponen airbag—yang kebanyakan terpasang bagi penumpang depan ini—berlaku untuk Alphard produksi tahun 2010-2012, NAV1 (2012), Camry (2002-2004), Corolla (2001-2012), Vios (2006-2012), RAV4 (2003-2004), dan Yaris (2006-2012).

Hingga kini, penggantian komponen airbag itu berlaku untuk 97.980 mobil Toyota. Jumlah tersebut melengkapi data sebelumnya yang sebesar 40.280 unit.

Baca: Gratis Ganti “Airbag” Takata di Bengkel Toyota, Paling Lama 3,5 Jam


komentar di artikel lainnya
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com