Ratusan Ribu Wuling "Recall" di China, Bagaimana di Indonesia? - Kompas.com

Ratusan Ribu Wuling "Recall" di China, Bagaimana di Indonesia?

Alsadad Rudi
Kompas.com - 07/12/2017, 08:02 WIB
Pabrik perakitan SGMW Motor Indonesia (Wuling Indonesia) di Bekasi, Jawa Barat.Febri Ardani/KompasOtomotif Pabrik perakitan SGMW Motor Indonesia (Wuling Indonesia) di Bekasi, Jawa Barat.

 

Jakarta, KompasOtomotif - Produsen mobil asal China, Wuling Motors dilaporkan menarik sekitar 900.000 unit mobil di China. Tipe yang kena recall adalah Baojun, salah satu produk Wuling yang cukup laris di China dan kabarnya bakal jadi model kedua di Indonesia, setelah Confero.

Berdasarkan hasil pengawasan Badan Pengawas Kualitas Produk di China, Baojun memiliki masalah pada selang tangki bahan bakar. Selang tersebut dinilai akan mudah rusak jika digunakan dalam jangka waktu lama.

Baca juga : Sampai Kapan Harga Wuling Confero Bertahan Murah?

Menanggapi kabar tersebut, Vice President of Vehicle, Sales, Service and Marketing Wuling Motors, Cindy Cai menyatakan Baojun adalah produk yang sama sekali berbeda dengan produk Wuling di Indonesia, Confero. Apalagi Confero juga diproduksi langsung di Indonesia.

"Jadi barang yang di-recall di sana barang yang diproduksi tahun 2015. Sedangkan produk yang dijual di Indonesia produk baru. Jadi keduanya ini produk yang berbeda," kata Cindy di Jakarta, Rabu 6/12/2017).

Diler Wuling Kendari Diler Wuling Kendari

Cindy menyatakan Baojun adalah produk yang hanya diproduksi dan dijual di China. Wuling menjanjikan masalah yang terjadi pada Baojun tidak akan terjadi pada Confero maupun produk lainnya yang akan segera diluncurkan awal 2018.

"Recall itu sebenarnya bentuk tanggung jawab perusahaan terhadap produknya. Tapi produk yang ada di sana tidak ada hubungannya dengan produk kita di Indonesia," ujar Cindy.

PenulisAlsadad Rudi
EditorAgung Kurniawan
Komentar
Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM