Wujud Nyata “Super-SUV” Lamborghini Urus - Kompas.com

Wujud Nyata “Super-SUV” Lamborghini Urus

Ghulam Muhammad Nayazri
Kompas.com - 06/12/2017, 11:42 WIB
Lamborghini Urus.Autoexpress Lamborghini Urus.

Sant’Agata, KompasOtomotif – Janji Lamborghini untuk menghadirkan SUV Urus akhirnya ditepati. Prototipe model yang diklaim sebagai Super-SUV pertama di dunia ini, tampil perdana pada Beijing Auto Show 2012 lalu.

Tahun demi tahun pabrikan asal Italia tersebut, sedikit-sediki mengeluakan informasi soal calon model andalannya tersebut, sampai akhirnya mereka mulai memerlihatkan kepada publik wujud aslinya.

Penjualan Urus harapannya bisa mencapai 3.000 unit per tahun, dengan estimasi total volume Lamborghini bisa berlipat ganda lebih besar dari sebelumnya. Model ini akan sampai di Inggris pada musim semi dengan harga mulai dari 165.000 pounsterling atau Rp 2,9 miliar.

Lamborghini mengatakan bahwa Urus, bakal menjadi patokan segmen baru yang berkaitan dengan power, performa dan dinamika berkendara, yang dikombinasi sentuhan desain menarik, kemewahan dan daily usability, atau ibaratnya DNA Lamborghini disematkan di tubuh SUV.

Baca juga : Harga Lamborghini Urus Setara 10 Nissan Juke

Lamborghini Urus.Autoexpress Lamborghini Urus.

Spesifikasi

Soal tampilan, Urus punya desain yang bisa membuatnya cepat dikenali di jalan, yang menjadi khasnya sendiri. Pelek punya ukuran 21 inci sampai 23 inci, dan bisa dilengkapi dengan ban berbagai musim, termasuk salju yang dipasok oleh Pirelli dan dikembangkan secara khusus.

Urus punya basis platform MLB Evo sama dengan miliknya Audi Q7 yang cukup sederhana. Namun terlepas dari keluguan tersebut, Lamborghini menyebut kalau mobil ini sangat luar biasa performa dan handling-nya.

Super-SUV ini menggunakan mesin 4.0-litre twin-turbo V8 berkekuatan 641bhp, yang menghasilkan torsi 850Nm. Tenaganya dialirkan melalui girboks otomatis 8-percepatan dan sistem all-wheel-drive rumit, dengan fitur active torque vectoring dan four-wheel steering.

Kelengkapan lainnya ada carbon ceramic brakes, adaptive air suspension dan active roll stabilisation. Urus disebut sanggup melaju 0-62mph dalam 3,6 detik, di mana Lamborghini juga mengklaim bisa menempuh 0-124mph dalam 12,8 detik serta mencapai kecepatan tertinggi 190mph.

Lamborghini Urus.Autoexpress Lamborghini Urus.

PenulisGhulam Muhammad Nayazri
EditorAgung Kurniawan
Komentar
Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM