Soal "Airbag" Takata, Pengguna Toyota Bisa Cek di Laman Ini - Kompas.com
BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan Toyota Astra Motor

Soal "Airbag" Takata, Pengguna Toyota Bisa Cek di Laman Ini

Dimas Wahyu
Kompas.com - 13/11/2017, 17:06 WIB
Gambar halaman muka situs Toyota Astra Motor Special Service Campaign yang sederhana untuk memudahkan para pengguna Toyota melakukan pengecekan menggunakan nomor rangka mobil mereka. Dimas Wahyu Gambar halaman muka situs Toyota Astra Motor Special Service Campaign yang sederhana untuk memudahkan para pengguna Toyota melakukan pengecekan menggunakan nomor rangka mobil mereka.

KOMPAS.com — Tanpa disangka-sangka, masalah airbag Takata menjadi perhatian dunia belakangan ini karena bagian inflator yang bisa meledak dengan sendirinya.

Kasus tersebut mendunia karena Takata mendominasi pasar airbag. Maka tidak heran, efeknya mengena ke berbagai merek kendaraan bermotor, terutama mobil.

Baca: Perlu Tahu, Takata Suplai "Airbag" Honda, Toyota, Mercy, sampai Ferrari

Tidak terelakkan, hal tersebut turut berefek ke mobil-mobil Toyota yang beredar di Indonesia. Karena itu pula, Toyota segera mengadakan program khusus perbaikan Toyota Campaign 3P (Pastikan, Periksa, Perbaiki).

Untuk menyegerakan penanganan ini, Toyota Astra Motor (TAM) membuat halaman situs internet yang ditujukan khusus untuk mengecek apakah mobil Toyota milik konsumen perlu mendapatkan servis gratis di bengkel resmi mereka di alamat https://www.toyota.astra.co.id/ssc.

"Konsumen cukup masukkan data mobil berupa nomor rangka kendaraan lalu informasinya keluar, apakah terlibat atau tidak dalam program Special Service Campaign," kata Executive General Manager TAM Fransiscus Soerjopranoto dalam sebuah kesempatan kepada KompasOtomotif, Selasa (5/9/2017).

Di halaman situs itu tersedia petunjuk untuk melakukan pengecekan. Misalnya, petunjuk soal di manakah pemilik mobil bisa mengetahui nomor rangka.

Cukup mengisi dua kolom saja untuk tahu status mobil Toyota konsumen, yakni kolom tempat pengisian nomor rangka dan alamat e-mail konsumen.

Airbag Takata Toyota Airbag Takata Toyota

Hingga tulisan ini ditayangkan, program itu berlaku untuk 97.978 mobil sesuai keterangan pihak Takata, dari data sebelumnya sebesar 40.280 unit.

Adapun mobil-mobil Toyota yang diimbau untuk melakukan pengecekan adalah Alphard produksi tahun 2010-2012, NAV1 (2012), Camry (2002-2004), Corolla (2001-2012), Vios (2006-2012), dan Yaris (2006-2012).

Selain penyediaan situs tersebut, Toyota juga menghubungi pemilik dan membuka pusat komunikasi di nomor telepon 1-500-315.

Mereka pun mempersilakan para konsumen untuk mendatangi bengkel resmi terdekat untuk mendapatkan penggantian suku cadang inflator secara gratis.

Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
PenulisDimas Wahyu
EditorDimas Wahyu
Komentar
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM