Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rossi Kesulitan di Motegi

Kompas.com - 14/10/2017, 07:42 WIB
Setyo Adi Nugroho

Penulis

Motegi, KompasOtomotif - Pebalap Movistar Yamaha, Valentino Rossi benar-benar dibuat kesulitan dengan kondisi latihan bebas di gelaran MotoGP seri Jepang, di Sirkuit Twin Ring Motegi, Jumat, (13/10/2017). Pebalap Italia tersebut mengungkapkan dirinya frustasi untuk mendapatkan settingan pas saat menjajal sirkuit di lintasan basah.

Rossi berada di posisi ke 19 pada latihan pertama dan berada di posisi 12 di sesi latihan kedua. Rossi telah mencoba beberapa sasis baru sejak seri Silverstone Inggris untuk mencari jawaban terhadap masalah degradasi ban belakang yang terlalu cepat. Langkah ini jadi jalan keluar di saat lintasan kering, namun tidak di lintasan basah.

"Kami terus mencoba beragam macam dengan sepeda motor namun kami sepertinya dalam masalah. Kami tidak mengerti kenapa. Tahun lalu saya sangat kompetitif di lintasan basah, saya memiliki feeling yang baik dengan motor lama. Tahun ini saya harus berjuang, sesuatu yang aneh," ucap Rossi seperti dikutip dari halaman Crash.net.

Rossi mengungkapkan dirinya mencoba memodifikasi motor tesebut namun hasilnya jauh dari motor-motor di jajaran teratas. Motor tersebut malah jadi sulit dikendalikan dan terpenting adalah ia tidak merasakan grip pada ban belakang.

Baca : Dovizioso Tercepat di FP2 GP Jepang

Pilihan menggunakan sasis tahun lalu tidak ada di dalam benak Rossi. Ia merasa hal itu akan membuat masalah semakin besar karena mesin tahun ini berbeda dengan posisi tempat duduk yang berbeda.

"Ketika balapan dengan sasis terbaru di lintasan kering, hasilnya cukup baik. Kami tetap memiliki masalah yang sama tapi saya merasa kompetitif. Ketika basah, lain cerita. Sangat sulit," ucap Rossi.

Juara dunia sembilan kali tersebut merasakan dirinya masuk ke tiap tikungan dengan pelan. Ia juga merasakan putaran berlebihan pada saat berakselerasi.

"Saat masuk dan keluar dari tikungan saya tidak merasakan gigitan pada ban. Sangat sulit dengan motor saat ini, tapi tim mencoba memperbaiki meski belum mendapatkan hasil," ungkap Rossi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com