R&D Laksana Bus 100 Persen Lokal - Kompas.com

R&D Laksana Bus 100 Persen Lokal

Ghulam Muhammad Nayazri
Kompas.com - 14/09/2017, 08:42 WIB
Proses pembuatan bodi bus Laksana.Ghulam/KompasOtomotif Proses pembuatan bodi bus Laksana.

Semarang, KompasOtomotif – Jika melihat beberapa model body bus, terutama milik perusahaan karoseri Laksana, disebut-sebut seluruh pembuatannya merupakan hasil karya lokal. Penelitian dan pengembangan produk dilakukan dari nol sampai berwujud nyata.

Kusririn, R&D Manager Laksana Bus menuturkan, kalau kegiatan penelitian dan pengembangan (R&D) produknya tersebut, juga dilakukan di dalam fasilitas Laksana di Semarang. Mereka memiliki tim sendiri yang bertanggng jawa pada divisi tersebut.

“Kami sudah komitmen seperti yang disebut Stefan Arman Direktur Teknik, di mana kami harus membuat desain sendiri, jadi kalau ada yang mau cari model tersebut hanya di Laksana. Di dalam divisi R&d, dipecah lagi soal eksterior dan interior, engineering (kontruksi bagasi dan konstruksi interior),” ujar Kusririn, Rabu (13/9/2017).

Baca juga : Laksana Bus, dari Jawa Tengah Sampai ke Mancanegara

Proses pembuatan salah satu komponen body bus milik Laksana.Ghulam/KompasOtomotif Proses pembuatan salah satu komponen body bus milik Laksana.

Riset ke Luar Negeri

Demi mengasah kemampuan dan melihat tren dunia, Kusririn menyebut, kalau tim R&D laksana juga kerap bepergian ke luar negeri untuk benchmark. Umunya dilakukan di China, sementara untuk engineering di Brazil.

“Iya kami jalan-jalan ke sana. Sementara kalau sedang di dalam negeri, kami mengulik sendiri dan mencobat mencari inspirasi lewat media internet saja,” ucap Kusririn.

Semakin Terasah

Jika di awal-awal melakukan desain sendiri memakan waktu lama, semakin ke sini, tim R&D Laksana Bus sudah mulai jago jika ditantang untuk melakukan pengembangan model baru. Dari satu tahun lebih, kali ini waktu yang diperlukan hanya berkisar tujuh bulan saja.

“Itu kelebihannya ketika kami melakukan pengembangan sendiri. Jadi kami mengetahui betul alurnya bagaimana, dan lebih gampang untuk melanjutkannya,” kata Kusririn. Saat ini Laksana Bus sudah mengekspor produknya ke kepulauan Fiji, dan akan menyusul beberapa wilayah Asia Tengah dan Afrika.

PenulisGhulam Muhammad Nayazri
EditorAgung Kurniawan
Komentar
Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM