Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nissan Manfaatkan Kesempatan lewat Teknologi

Kompas.com - 16/08/2017, 08:42 WIB


Tangerang, KompasOtomotif
- PT Nissan Motor Indonesia (NMI) mencoba memanfaatkan pameran otomotif GIIAS 2017 di ICE, BSD, Tangerang, buat pamer teknologi. Salah satunya, Nissan Note e-Power yang dibekali teknologi motor listrik, baterai lithium-ion on board, generator, dan mesin konvensional.

Teknologi e-Power juga menjadi modal Nissan, jika Pemerintah Indonesia jadi mengeluarkan regulasi low carbon emission vehicle (LCEV) tahun depan. 

Nissan sudah menjual Note di Jepang sejak November 2016 dan diklaim sukses. Note e-Power mampu menawarkan konsep mobil listrik yang tak ketergantungan dengan kesiapan infrastruktur pengisian baterai. Pasalnya, asupan tenaga pada baterai terjaga karena generator yang terus bekerja dari mesin konvensional 1.2 liter yang ada di balik kap mesin. Jadi, bukan tenaga dari mesin yang menggerakan roda, tetapi motor listrik.

Meski diklaim mobil listrik, namun teknologi ini masih bersifat hybrid. Teknologi sama pernah digunakan oleh General Motors, lewat Chevrolet Volt.

"Nissan e-Power menjadi solusi inovatif dalam ranah elektrifikasi di pasar yang kini sedang berkembang. Produk ini menjadi jembatan antara mobil konvensional dengan kendaraan listrik utuh," ucap Eiichi Koito, Presiden Direktur PT NMI, Selasa (15/8/2017).

Nissan Indonesia memperkenalkan teknologi Nissan Note e-PowerOtomania Nissan Indonesia memperkenalkan teknologi Nissan Note e-Power

Seperti kendaraan listrik, Note e-Power menghasilkan torsi yang besar secara instan. Selain itu peningkatan kesenyapan kabin serta efisiensi bahan bakar jadi kelebihan lain sistem ini.

"Sistemnya beroperasi dengan tenang, seperti kendaraan listrik sepenuhnya. Pada saat deselarasi, daya regeneratifnya digunakan untuk mengisi baterai sampai kendaraan yang benar-benar berhenti," ucap Masayuki Ohsugi, General Manager R&D NMI.

Nissan mengklaim penjualan kendaraan listrik mereka menjadi nomor satu di seluruh dunia, disumbang oleh kendaraan listrik LEAF. Note e-Power baru diperkenalkan November tahun lalu di Jepang dan menjadi salah satu tulang punggung penjualan Nissan di negeri Sakura.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com