Tujuh Mobil Murah dan Skema Cicilannya - Kompas.com

Tujuh Mobil Murah dan Skema Cicilannya

Ghulam Muhammad Nayazri
Kompas.com - 14/08/2017, 08:42 WIB
Datsun GO +.Ghulam/KompasOtomotif Datsun GO +.

Tangerang, KompasOtomotif – Mobil bersubsidi yang masuk dalam program Kendaraan Bermotor Roda Emat Hemat Energi dan Harga Terjangkau (KBH2/ LCGC), masih menjadi penyokong penjualan di dalam negeri. Segmen kendaraan ini menyasar pada konsumen pertama yang relatif menawarkan harga terjangkau.

Buat yang berminat memboyong model ini, beberapa skema kredit dan promo ditawarkan kepada pengunjung pameran otomotif, GIIAS, di BSD, Tangerang, selama penyelenggaraan 10 hari, mulai dari Kamis (10/8/2017).

Datsun

Anak perusahaan dari Nissan ini, menyediakan beberapa perusahaan pembiayaan yang bisa dipilih oleh konsumen. Di brosur yang diedarkan, umumnya tenor yang ditawarkan normal, maksimal 5 tahun. Namun, ketika menanyakan lebih jauh, ada leasing yang menyiapkan tenor sampai 10 tahun, tapi dengan syarat tertentu.

Salah satu tenaga penjual mengatakan, kalau untuk model GO Panca pembeli bisa membayar uang muka hanya Rp 12 jutaan, atau dengan subsidi Rp 8 juta. Pasalnya uang muka normalnya Rp 20 jutaan.

Di Indomobil Finance, mereka menyediakan dua skema pembiayaan, yang pertama bunga ringan 0 persen, dengan lima pilihan tenor. Sementara piliha kedua “DP Ringan”, dengan hanya dua pilihan tenor 48 bulan dan 60 bulan. Harga Datsun GO mulai dari Rp 112,9 juta sampai Rp 124,9 juta, dan Datsun GO+ Rp 111,5 juta dan Rp 127 jutaan.

LCGC Brio SatyaStanly/KompasOtomotif LCGC Brio Satya
 

Brio Satya

Masih seperti tahun sebelumnya Honda menghadirkan program subsidi dengan uang muka hanya Rp 15 juta dengan gratis empat kali cicilan. Tenaga penjual mengatakan kalau hanya ada satu perusahaan pembiayaan yang memberikan tenor 7 tahun, di mana sisanya sampai 5 tahun.

Honda hadirkan beberapa promo juga yang hanya berlaku di GIIAS 2017.  Mulai dari gratis cicilan 10 kali dan cicilan bertahap, dengan syarat dan ketentuan berlaku. Pembeli juga berkesempatan mendapatkan hadiah lucky dip. Saat ini, harga Brio Satya berkisar Rp 131,5 juta sampai Rp 151,5 juta.

Agya dan Calya

Kedua model milik Toyota ini juga tidak ingin ketinggalan momen. Mereka ikut menawarkan beberapa keuntungan kepada konsumen, dengan cashback Calya Rp 3 juta dan model Agya Rp 7 jutaan. Namun, buka berarti angka diskon ini final, konsmen masih berkesempatan melakukan negoisasi.

Cashback itu bisa digunakan untuk bisa memotong uang muka normal. Tenor yang ditawarkan juga masih dalam kategori aman, yaitu 5 tahun, walaupun tampaknya masih bisa diperpanjang sampai 6 atau 7 tahun, tergantung dari perusahaan leasing-nya. Saat ini Agya dibanderol Rp 132 juta sampai Rp 152,4 juta. Sementara Calya Rp 132,3 juta sampai Rp 152,6 juta.

Karimun Wagon R.Ghulam/KompasOtomotif Karimun Wagon R.

Sigra dan Ayla

Hampir serupa dengan saudara kembarnya di Toyota, Sigra dan Ayla juga memberikan potonga uang muka. Namun, Daihatsu nampaknya lebih besar memberikan cashback di mana untuk Sigra Rp 7 juta dan Ayla Rp 7 juta.

Soal tenor, tenaga penjual Daihatsu kali ini, mengatakan, kalau sebaiknya mengambil waktu 5 tahun saja. Pasalnya saat ini perusahaan leasing sedang mengetatkan appoval permohonan pembiayaan, di mana yang paling banyak ditolak adalah yang tenornya di atas 5 tahun. Sigra dibanderol Rp 108,9 juta sampai Rp 149 jutaan, dan Ayla Rp Rp 92 jutaan sampai Rp 146 jutaan.

Karimun Wagon R

Jagoan Suzuki di segmen LCGC ini, memiliki pilihan tenor sampai lima tahun. Ketika konsumen ingin menaikkannya menjadi 6 tahun, leasing dari Mandiri bisa mengakomodasinya, tetapi uang mukanya menjadi lebih mahal atau sekitar 30 persen.

Mobil murah Suzuki ini dibanderol Rp 118,5 juta sampai Rp 135 juta.

Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
PenulisGhulam Muhammad Nayazri
EditorAgung Kurniawan
Komentar