Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jualan Daihatsu di Papua Menjanjikan

Kompas.com - 23/07/2017, 08:05 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri

Penulis

Morotai, KompasOtomotif - Setelah tanpa cerita soal jualan di wilayah Maluku, merek mobil Daihatsu tidak kemudian menyiakan pasar di tanah Cendrawasih, Papua. Di salah satu bagian Indonesia Timur itu, Daihatsu ternyata punya cengkeraman cukup kuat, dengan kontribusi penjualannya bahkan lebih tinggi dibanding angka nasional.

Seperti dikatakan Hendrayadi Lastiyoso, Marketing & CR Division Head PT Astra International Daihatsu Sales Operation (AI-DSO), pangsa pasar di Papua mencapai 24 persen. Sementara secara nasional, angkanya  hanya sebesar 17,5 persen.

Ke depannya, sebut Hendrayadi, kalu potensi penjualan mereka di Papua masih terbuka lebar. Lebih lagi dengan pembangunan infrastruktur yang cukup gencar dilakukan pemerintahan Joko Widodo.

"Sebenarnya kalau saya lihat dari dua outlet yang kami punya di Jayapura dan Sorong, market share Daihatsu di sana cukup baik. Jika nasional 17,5 persen sampai dengan Juni, sedangkan di Jayapura pangsa pasar kami sudah sekitar 24 persenan dan di Sorong 19 persenan, lebih tinggi dari kontribusi nasional," ujar Hendrayadi, Jumat (21/7/2017).

Bersama Toyota
Hendrayadi mengakui, selain Daihatsu, merek yang memiliki penjualan sangat baik di Papua adalah Toyota. Di mana pangsa pasar mereka kemungkinan bisa jauh lebih besar lagi dari 36 persen, atau perolehannya secara nasional.

"Karena yang saya lihat juga, di sana yang punya performa baik hanya dua, Daihatsu dan Toyota. Market share mereka sangat tinggi. Jadi peluang kami cukup baik," ucap Hendrayadi.

Soal produk, model yang mendominasi yaitu Daihatsu Gran Max pikap. Kemudian setelah itu mobil penumpang Xenia, dan ditopang juga oleh mobil LCGC tujuh penumpang Sigra, yang disebut-sebut peminatnya sudah mulai banyak.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com