Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Volkswagen Geser Sokongan Mercy dari Trmnas Jerman

Kompas.com - 15/07/2017, 08:42 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri

Penulis

Frankfurt, KompasOtomotif – Merek mobil Volkswagen, nampaknya bakal menjadi sponsor komersial terbesar tim sepak bola nasional Jerman. VW menggantikan posisi produsen mobil mewah Mercedes-Benz, setelah 45 tahun memberikan dukungan.

Mengutip Autonews, Jumat (14/7/2017) kemitraan lima setengah tahun antara produsen mobil terbesar di dunia, dengan Deutschen Fußball-Bund (DFB) atau asosiasi sepak bola nasional Jerman, akan dimulai pada 2019. Piala Dunia tahun depan di Rusia, timnas Jerman disebut bakal mempertahankan gelarnya.

Sumber VW mengatakan, perusahaan akan mengalirkan dana antara 25 juta euro sampai 30 juta euro, atau Rp 381 miliar sampai Rp 457 miliar per tahun untuk memenuhi kontrak tersebut.

Dengan popularitas sepak bola yang besar, VW memandang kesepakatan dengan tim nasional sebagai platform pemasaran yang ideal, karena mereka sedang berupaya untuk memperbaiki citra, menyusul skandal kecurangan diesel dan membuat peralihan strategis ke mobil listrik.

"Sebagai perusahaan, kami telah menetapkan beberapa tujuan ambisius untuk tahun-tahun depan. Volkswagen telah berubah, dan kami menghadapi tantangan besar, kemitraan dengan DFB akan membantu kmai dengan cara seperti itu," ujar Herbert Diess, CEO Volkswagen.

VW telah bertahun-tahun menghabiskan waktu dengan tim sepak bola milikinya sendiri, di divisi utama Jerman, meskipun para ahli mempertanyakan bisnis tersebut. Pasalnya klub VfL Wolfsburg hanya memiliki aliran pendapatan terbatas, dan tidak memiliki basis penggemar secara internasional.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com