Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

JK: Macet itu Karena Pembangunan Tak Berimbang

Kompas.com - 12/07/2017, 07:01 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Pemerintahan saat ini terus menjaga iklim investasi semakin hangat buat para investor. Pada sektor industri otomotif, tambahan investasi berujung positif namun punya satu dampak sosial yaitu macet.

Investasi otomotif bertumbuh begitu pula dengan populasi kendaraan. Sayangnya, jalanan yang jadi habitat kendaraan tidak bertambah selaras, maka jangan heran kalau macet bukan lagi fenomena di kota besar seperti Jakarta.

“Walaupun punya efek, kemacetan ada di mana-mana. Dari Bekasi ke Jakarta. Jakarta ke Karawang itu kadang bisa 1-2 jam. Artinya, dibutuhkan transportasi massal yang akan dibangun untuk mengimbangi industri,” ucap Wakil Presiden Indonesia Jusuf Kalla dalam pidatonya saat meresmikan pabrik SGMW Motor Indonesia di Bekasi, Jawa Barat, Selasa (11/7/2017).

Kemacetan Tol Jakarta-Cikampek H-2 Lebaran, Bekasi, Jumat (23/6/2017).KOMPAS.COM/Anggita Muslimah Kemacetan Tol Jakarta-Cikampek H-2 Lebaran, Bekasi, Jumat (23/6/2017).
Semakin banyak populasi kendaraan menjadi bukti kemajuan industri otomotif yang dinilai sebagai salah satu parameter perekonomian bangsa. Industri otomotif membesarkan industri bahan baku dan juga membuka lapangan pekerjaan yang berdampak baik bagi negara.

“Kemacetan itu suatu kemajuan yang tidak kita imbangi dalam sisi infrastruktur. Makanya harus dibangun bersamaan,” kata Wapres. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com