Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Situasional, Tol Brebes-Gringsing Tutup Malam Hari

Kompas.com - 22/06/2017, 04:21 WIB
Stanly Ravel

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi, memutuskan untuk melakukan pembatasan ruas tol fungsional Kaligangsa (Brebes)-Gringsing (Weleri). Tol akan ditutup jelang malam hari jam 18:00 dan akan dibuka kembali pukul 06:00 WIB, keputusan ini berlaku mulai Rabu (21/6/2017).

Keputusan ini diambil Menhub usai dilakukan koordinasi menyeluruh dengan Kakorlantas. Namun demikian statusnya situasional, dalam arti saat kondisi darurat seperti padatnya jalur Pantura dan Selatan, tol akan difungsikan kembali.

Baca : Mulai Hari ini, Jalan Tol Bebas dari Truk Besar

"Pada malam hari jalan darurat Kaligangsa-Gringsing ditutup, tapi ini situasional demi pelayanan untuk masyarakat, kita berupaya untuk objektif menyampaikan situasi," ucap Menhub saat berbincang dengan KompasOtomotif, Rabu (21/6/2017).

Menurut Menhub, setelah melakukan peninjauan langsung didapat kondisi jalan memang masih berdebu, bergelombang, dan minim marka. Saat malam hari, penerangan juga kurang, guna menghindari hal yang tidak diinginkan maka dilakukan pencegahan.

KOMPAS.com/Slamet Priyatin Lalu lintas tol Grinsing Batang Kendal Jawa Tengah yang padat.

"Saya ingatkan ini sifatnya situasional, saat kondisi di Pantura masih lancar akan dialihkan ke sana. Namun bila sudah terjadi penumpukan yang panjang akan kami buka. Upaya ini kami lakukan sebagai niat baik pemerintah demi keselamatan para pemudik," kata Menhunb.

Selain itu, Menhub juga sangat mewanti-wanti para pengguna tol fungsional mengenai batas kecepatan. Menurutnya, lintasan yang bergelombang sangat berbahaya untuk memacu kendaraan terlalu cepat.

"Jalan masih bergelombang, karena itu saya ingatkan lagi jangan lebih dari 40 kpj. Tadi siang saya sudah turun langsung ke lapangan, saat berkendara di atas 40 kpj, sopir sudah susah untuk pegang kendali, jadi baiknya ikuti regulasi demi keselamatan bersama," ucap Menhub.

Baca : Diawasi Jenderal, Petaka "Brexit" Tak Akan Terulang

Kondisi jalan pada tol fungsional yang masih seadanya memang masih cukup rawan. Sejak dibuka pada Senin (19/6/2017) lalu, setidaknya sudah ada tiga kecelakaan yang terjadi, untungnya tanpa memakan korban jiwa. Mulai dengan kejadian Honda Freed dengan pelat nomor B 1335 SFW, Toyota Rush B 1745 KRS, sampai Mitsubishi Outlander Sport yang diduga akibat sopir mengantuk.

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com