Scrambler Skuter Ojek Kayu dari Palembang - Kompas.com

Scrambler Skuter Ojek Kayu dari Palembang

Stanly Ravel
Kompas.com - 19/05/2017, 16:01 WIB
Istimewa Kustom Bajaj Super 150 Ojek Kayu

Jakarta, KompasOtomotif - Suryanation Motorland 2017 sudah mulai menjaring sepeda motor kustom terbaik dari beberapa daerah di Indonesia. Salah satu yang menarik perhatian, adalah garapan Rio Gustov dari 58 Works Palembang yang keluar sebagai Best Region dengan karya bertema "Ojek Kayu".

Menariknya, Rio melakukan rancang bangun bukan menggunakan basis motor sport atau bebek, melainkan skuter lawas, yakni Bajaj 150 lansiran 1981. Pemilihan tema pun diambil bukan karena ingin membuat sensasi, tapi lebih karena mengekspresikan ketangguhan skuter ini yang dalam kenyataannya digunakan sebagai pengangkut kayu.

Baca : Scrambler Harian ala Suzuki Thunder 250

"Ojek kayu itu saya ambil dari kenyataan yang ada di daerah saya, Lubai Muara Enim. Banyak yang mencari nafkah dengan bekerja sebagai ojek kayu menggunakan Bajaj Super. Mesin ini saya pilih karena sudah teruji kuat, mengangkut beban apapun masih tetap sanggup, bahkan sering digunakan mengangkut 1 kubik kayu," ujar Rio saat dihubungi KompasOtomotif, Kamis (18/5/2017).

Istimewa Kustom Bajaj Super 150 menggunakan rangka rigid buatan sendiri.

Bicara soal ubahan, Rio melakukannya dengan meyeluruh dan bisa dibilang cukup ekstrem. Tampilannya benar-benar dirombak habis yang membuat tampang aslinya susah untuk dikenali, tidak heran bila banyak orang yang akhirnya penasaran menanyakan apa basic dari motor ini.

Rangka yang digunakan dibuat ulang oleh Rio, yang tersisa dari Bajaj hanya sektor mesin. Begitu juga dengan kaki-kaki, semua dikustom dan mendapat konsep baru dengan genre motor segala medan.

Baca : Evolusi Suzuki Inazuma jadi "Tracker" Harian

Istimewa Atribut gergaji besi hiasi Bajaj Super 150 Ojek Kayu

"Arah konsepnya terinspirasi dari scrambler, jadi kaki-kaki dan modelnya saya buat mengarah ke sana," kata Rio.

Rangka rigid yang dibuat dengan penampilan rusty dikolaborasikan dengan penempatan sokbreker KLX pada bagian tengah. Fungsinya tentu berguna untuk meredam guncangan, bahkan garpu depan juga menggunakan model springer hasil kustom dari sok Yamaha RX King.

Konsep scrambler ditonjolkan dari aplikasi ban penggaruk tanah berdimensi cukup besar, setelah itu diteruskan dengan kustom setang serta tangki handmade yang bertuliskan "Ojek Kayu 2". Model knalpot pun dibuat ala udang yang menjalar di sela kaki kanan ketika mengendarainya.

Istimewa Scrambler Ojek Kayu berbasi Bajaj Super 150

Agar tampilan ojek kayu makin kental, Rio ikut melengkapi skuter tersebut dengan mesin pemotong kayu yang diletakkan pada sisi knalpot. Kreasi panjang Rio pun berbuah manis yang mengantarkannya sebagai juara dan akan mewakili Palembang untuk bertarung dengan ragam motor kustom lain di ajang Big Bang Suryanation.

Baca : Binter Merzy Rebut Gelar "Kustom" Terbaik di Medan

"Kemenangan ini saya persembahkan untuk mereka yang menggantungkan hidup dari ojek kayu yang ada di kampung halaman saya," ucap Rio.

PenulisStanly Ravel
EditorAgung Kurniawan
Komentar

Terkini Lainnya

Close Ads X