Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Evolusi Suzuki Inazuma Jadi "Tracker" Harian

Kompas.com - 15/05/2017, 12:41 WIB
Stanly Ravel

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif - Aslinya, Suzuki Inazuma terlahir sebagai sepeda motor cruiser. Namun bila sudah jatuh ke tangan builder, maka akan lain jalan ceritanya. Contohnya seperti Suzuki Inazuma lansiran 2013 garapan workshop Katros Garage, di Bintaro Sektor 2, Tangerang Selatan.

Konsep original pabrikan diubah menyesuaikan selera builder, yakni Andi Akbar atau lebih akrab disapa Atenk. Motor berkapasitas 250 cc ini pun akhirnya pasrah dirombak menjadi tracker.

Baca : Kamuflase Telanjang Yamaha R1 2007

Untungnya, garapan Atenk tidak terlalu ekstrem karena masih mengedepankan unsur kenyamanan untuk penggunaan harian.

Stanly/KompasOtomotif Suzuki Inazuma Kustom Katros Garage

Bisa dilihat sendiri, meski tongkrongan kustom cukup kental, tapi beberapa kelengkapan bawaan pabrik masih tetap digunakan. Mulai dari speedometer, saklar pada handelbar yang semua masih berfungsi, dan beberapa sektor lainnya.

Fokus utama menggarap sebuah tracker ada pada sasis dan bagian kaki-kaki. Rangka belakang nampaknya sedikit disunat agar terlihat datar, namun bila diperhatikan bagian swing arm justru dibuat lebih panjang sekitar lima cm yang dikustom ulang dari bawaan pabrik. Agar makin mantab, pelek jari-jari berdimensi 18 inci disematkan dengan lebar 2.50 di depan dan 3.00 di belakang.

Baca : GSX-R 150 Cafe Racer "Wannebe"

Guna memberikan kesan unik, tromol sengaja dibuat sendiri, prosesnya pun tidak main-main karena harus persisi agar nyaman digunakan. Selesai itu, tinggal dibungkus dengan ban Swallow berukuran 4.00-18 pada bagian depan dan 4.50-18 di sektor belakang, alhasil kaki-kaki menjadi padat berisi, apalagi dengan penggunaan sok Ohlins di belakang.

Stanly/KompasOtomotif Suzuki Inazuma Kustom Katros Garage

Naik ke bagian atas, mulai dari tangki, spakbor, dan beberapa cover bodi dibuat Atenk secara handmade menggunakan plat galvanis 1,2 mm yang dituntaskan dengan kelir doff bronze.

Begitu juga dengan jok bertema lawas yang dibalut bahan semi leather. Sentuhan karya kustom juga ikut dimainkan untuk pembuatan tutup tangki yang menggunakan bahan duralium.

Stanly/KompasOtomotif Suzuki Inazuma Kustom Katros Garage

Jaminan posisi berkendara ala tracker makin kuat ketika menggunakan setang model fatbar yang dilengkapi handgrip Bitwell. Sedangkan konsep harian diperlihatkan dengan kelengkapan aksesori berkendara, bahkan mesin dan knalpot pun masih halus alias standar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com