Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Simak Konsumsi Bahan Bakar Harian CBR250RR

Kompas.com - 16/01/2017, 13:31 WIB
Setyo Adi Nugroho

Penulis

Jakarta, Kompas Otomotif – All New Honda CBR250RR saat ini menjadi motor sport terbaru di pasar Indonesia. Berbekal mesin 250 cc dua silinder dan fitur canggih seperti thortlle by wire, motor ini jadi idaman banyak biker yang menginginkan performa berkendara maksimal.

KompasOtomotif yang pernah mendapatkan kesempatan menjajal pertama kali motor ini pada lintasan balap dan saat test ride media di Bali, kembali berkesempatan mencobanya di jalan Ibu Kota. Selama beberapa hari motor ini digunakan untuk berkegiatan guna merasakan pengendalian ini di jalan umum yang menawarkan beragam kondisi pengendaraan sehari-hari.

Salah satu yang KompasOtomotif uji adalah konsumsi bahan bakar CBR250RR ini. Pengetesan dilakukan dengan metode full to full dimana pengisian bahan bakar diisi hingga batas selang bahan bakar dapat masuk ke dalam tangki.

Setelah itu motor digunakan hingga jarak tertentu untuk kembali diisi bahan bakar. Dari sini akan dilihat rata-rata penggunaan bensin dari motor sport berteknologi pengereman ABS seharga Rp 68,9 juta ini.

Otomania/Setyo Adi Pengujian konsumsi bensin CBR 250 RR

KompasOtomotif menggunakan motor ini dalam mode pengendaraan Comfort, meski CBR250RR ini menyediakan mode Sport dan Sport + untuk dijajal. Ini agar pengukuran lebih valid ketimbang menggunakan mode pengendaraan berbeda-beda.

Meski demikian, pada mode Comfort pun aura sport tetap terasa. Motor ini mampu tembus kecepatan 140 kilometer per jam dengan bobot pengendara 85 kg di beberapa kesempatan.

Kondisi jalan yang ditemui rata-rata adalah ramai lancar dan sesekali bertemu kemacetan. Untuk memutar tuas gas penuh dan melihat potensi mesin motor ini memang jarang ditemui di jalanan Ibu Kota.

Setelah menggunakan motor ini sejauh 57,4 kilometer, KompasOtomotif kembali mengisi bahan bakar. Disini didapat CBR250RR telah kehilangan 2,10 liter bahan bakar dalam jarak tersebut.

Ini artinya rata-rata konsumsi bahan bakar untuk satu liter perjalanan setelah jarak tempu dibagi jumlah bensin yang kembali diisi adalah 27,3 kilometer. Petunjuk konsumsi rata-rata bahan bakar yang terdapat di speedometer CBR250RR menunjukkan 28,0 kilometer per liter.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com