Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Finlandia Uji Bus Tanpa Pengemudi (Video)

Kompas.com - 25/08/2016, 11:07 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri

Penulis

Helsinki, KompasOtomotif – Diam-diam tapi pasti, Finlandia jadi salah satu negara yang sudah melakukan pengetesan angkutan umum (bus) tanpa pengemudi, secara nyata. Uji coba ini dilakukan selama satu bulan dan langsung diajak berbaur dengan kondisi jalan biasa.

Disebut sebagai Easymile EZ-10, mini bus bertenaga listrik ini mampu mengangkut 12 penumpang. Bus ini akan broperasi di jalan-jalan terbuka daerah Hernesaari selatan Helsinki, seperti dilansir The Guardian dan CNBC, Kamis (25/8/2016).

"Tidak ada yang lebih dari ini, pada beberapa jenis uji coba (bus tanpa pengemudi) lalu lintas  yang pernah dilakukan," Harri Santamala, pemimpin proyek uji coba, yang juga merupakan Project Manager Applied Sciences di Metropolia University.

Saat ini, Finlandia telah menjadi sarang perkembangan teknologi dan pengujian mobil otomatis. Ini karena Finlandia tidak memiliki hukum yang mengharuskan  mobil harus dikendarai oleh manusia.

Kondisi ini tentu sangat menguntungkan para peneliti dn perusahaan  teknologi, untuk memangkas biaya birokrasi atau izin pengujian. Bus ini beroperasi dengan seluruhnya dikendalikan oleh komputer.

Easymile EZ-10, memiliki kecepatan maksimum 40 kpj, tapi hanya akan berjalan dengan kecepatan rata-rata 10 kpj. Diharapkan bus otomatis kecil bisa mengatasi masalah inefisiensi dana pemerintah daerah, terhadap transportasi yang dioperasikan oleh manusia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com