Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lagi, Toyota Jepang Hentikan Produksi

Kompas.com - 01/06/2016, 08:24 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Tokyo, KompasOtomotif – Toyota kembali menghentikan produksi di Jepang, kali ini karena kekurangan suku cadang dari salah satu pemasok komponennya, Advics. Anak perusahaan Aisin Seiki ini baru saja mengalami musibah setelah terjadi ledakan di pabriknya di Kariya di Prefektur Aichi, Senin (31/5/2016).

Advics merupakan penyuplai sistem rem buat Toyota. Dijelaskan seperti dilansir dari Reuters, shift kerja buat beberapa jalur produksi di pabrik Takaoka yang juga terletak di Prefektur Aichi telah dibatalkan.

Selain itu, jalur produksi di pabrik yang dioperasikan Toyota Auto Body dan Toyota Industries juga dipastikan berhenti.

Dampak ini juga memengaruhi operasi produksi di pabrik Motomachi yang dioperasikan oleh Daihatsu. Pabrik ini bakal berhenti pada Rabu (1/6/2016).

“Kami berharap produksi berjalan lagi besok atau dua hari lagi,” kata salah satu juru bicara Toyota.

Kejadian penghentian sementara produksi ini adalah yang kedua pada tahun ini. Toyota sebenarnya masih beradaptasi setelah hampir semua pabriknya berhenti bekerja karena gempa yang terjadi di pulau Kyushu pada April lalu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com