Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Yamaha MT-03 Mengaspal di Eropa

Kompas.com - 13/05/2016, 10:21 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri

Penulis

London, KompasOtomotif – Berselang tujuh bulan dari peluncuran perdana, naked sport Yamaha MT-03 hardir di Eropa. Produk sepeda motor berkubikasi 300cc milik Yamaha ini, dibanderol dengan harga 4.955 poundsterling atau sekitar Rp 95 jutaan.

Produk Yamaha ini bisa jadi pilihan para pecinta sepeda motor sport di Eropa, dengan kubikasi yang tidak terlalu besar, sehingga nyaman digunakan shari-hari. Pasalnya peralihan pengguna mobil ke sepeda motor, untuk tujuan aktivitas harian sedang  tren di Eropa, jadi tidak begitu membutuhkan yang ber cc besar.

Mengutip laman Paultan.org, Kamis (12/5/2016), mengadopsi mesin 321cc, Yamaha MT-03 2016 ini sanggup mengeluarkan tenaga 42 PS (41,16tk) @10.750 rpm, dan torsi 29,5 Nm @9.000 rpm. Menurut standar aturan surat izin mengemudi (SIM) Eropa, yang berdasarkan pembagian cc, MT-03 masuk dalam kategori A2.

Menggunakan girboks enam percepatan, Yamaha MT-03 berbagai platform mesin sama dengan saudaranya yang menempati segmen sport fairing, YZF-R3. Memiliki bobot 168 kg, dengan posisi duduk yang bersahabat, MT-03 sanggup mengakomodasi aktivitas berkendara dalam kota, maupun jarak jauh (touring).

Nampaknya produk ini akan sangat sulit untuk diboyong ke Indonesia, karena akan berhimpitan dengan Yamaha MT-25. Bahkan jika harganya tidak terpaut jauh pasar MT-25 akan tergerus MT-03, salah satunya karena punya pilihan performa yang lebih baik.

Namun, bukan berarti itu tidak mungkin, bisa saja Yamaha punya rencana untuk membendung produk sepeda motor sport naked murah BMW Motorrad dengan kubikasi 300cc, G310R, yang dalam hitungan bulan, akan melakukan penetrasi pasar Tanah Air.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com