Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"PR" Honda Setelah Jual Civic Turbo di Indonesia

Kompas.com - 09/04/2016, 07:02 WIB
Aditya Maulana

Penulis

 

Jakarta, KompasOtomotifAll New Civic generasi kesepuluh merupakan model pertama dengan mesin turbo yang dijual PT Honda Porspect Motor (HPM) di Indonesia. Dibanding sebelummya, kapasitas mesin menurun dari 2.0-liter menjadi 1.5-liter turbo, namun tenaganya diklaim setara dengan 2.2-liter.

Langkah yang diambil HPM itu cukup berani, mengingat teknologi mesin turbo di Tanah Air belum cukup populer. Lantas, bagaimana cara memperkenalkannya agar lebih dikenal masyarakat luas?

Direktur Pemasaran dan Layanan Purna Jual HPM Jonfis Fandy, mengatakan, tugasnya memang harus mengenalkan teknologi tersebut agar lebih luas dan diterima. Sebab, keuntungan yang didapat lebih besar.

“Turbo ini beda dengan turbo yang bisa dibeli secara bebas di pasaran. Turbo yang dijual bebas itu memang menjadikan tenaga besar, tetapi konsumsi bahan bakar minyak (BBM) juga besar, kalau turbo ini, tenaga besar, tetapi BBM tetap irit,” ujar Jonfis saat berbincang dengan KompasOtomotif di booth Honda, Jumat (8/4/2016).

Lanjut Jonfis, edukasi seperti itu yang perlu diterapkan agar teknologi tersebut bisa lebih mudah diterima masyarakat luas. Kendalanya, kata Jonfis pasti ada, tetapi tidak akan berlangsung lama.

Aditya Maulana, KompasOtomotif Mesin terbaru yang tersemat di Honda Civic generasi kesepuluh.

“Konsumen juga akan merasakan sensasi yang berbeda saat mengendarai Civic turbo ini, sebab sensasinya sudah bisa dirasakan di 1.400 rpm dengan torsi maksimum di 1.700 rpm. Perawatannya juga sangat mudah, tidak perlu perawatan khusus,” ujar Jonfis.

Di Indonesia, All New Honda Civic hanya tersedia satu tipe mesin, yaitu 1.5-liter turbo bertenaga 173 PS @5.500 rpm dan torsi maksimum 219,6 Nm (22,4 kg.m) @ 1.700-5.500 rpm.

Banderolnya Rp 475 juta on the road Jakarta dan punya lima pilihan warna, yakni Cosmic Blue Metallic, Crystal Black Pearl, Lunar Silver Metallic, White Orchid Pearl, dan Modern Steel Metalic.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com