Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Upaya Apple Rancang Mobil Belum Putus

Kompas.com - 10/01/2016, 13:42 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

California, KompasOtomotif — Rencana perusahaan elektronik Apple Inc masuk ke dunia otomotif semakin serius sejak mereka diketahui mendaftarkan alamat website (domain) terkait hal itu. Dikabarkan MacRumors, Jumat (8/1/2016), ketiganya adalah apple.car, apple.cars, dan apple.auto.

Belum diketahui apa kegunaan domain itu. Kini, status ketiganya belum aktif sejak didaftarkan pada Desember 2015. Menurut spekulasi yang beredar, langkah ini membuktikan bahwa Apple serius mengembangkan mobil.

Dugaan lain, bisa jadi ketiga domain berkaitan dengan program CarPlay, produk mirip headunit yang bisa terintegrasi dengan produk Apple lainnya, seperti iPhone.

Keinginan Apple mengembangkan mobil sudah ada sejak 2008, tetapi sempat terhadang kondisi ekonomi Amerika Serikat yang memburuk. Setelah kematian pendiri Apple, Steve Jobs, pada 2011, Apple diketahui sudah membentuk tim untuk mewujudkan mobil listrik.

Mobil pertama Apple dikatakan siap diperkenalkan pada 2019 atau 2020. Kabar pun berkembang bahwa Apple juga mau mengembangkan teknologi otonomos dan masuk dalam kompetisi bersama Google dan manufaktur otomotif lainnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com