Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menanti Model Baru Kia Indonesia di Tahun ini

Kompas.com - 09/01/2016, 11:01 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Penjualan Kia Mobil Indonesia (KMI) kurang bagus tahun lalu, salah satu alasannya karena tidak ada model baru. Tahun ini Ridjal Mulyadi, General Manager Group KMI, mengatakan, KMI siap melakukan penyegaran dengan menggelontorkan produk baru.

Pada 2015, KMI sudah meluncurkan New Rio Platinum, New Picanto Platinum, dan New Sportage Diesel. Namun menurut Ridjal ketiganya bukan tergolong model yang benar-benar baru.

Kendati sudah memastikan bakal ada andalan anyar, Ridjal tetap bikin penasaran. Pasalnya, tidak sedikit pun bocoran yang mau diungkap. Ridjal menjelaskan KMI terus menjajaki model global Kia untuk masuk Indonesia.

“Cuma memang rencana kami belum final. Sudah ada beberapa model, tahun lalu kan kita belum,” katanya Jumat (8/1/2016).

Kia/Netcarshow Generasi terbaru Sedona atau Carnival sudah menggunakan bahasa desain baru Kia.
Pasar potensial

Sedikit petunjuk mau diungkap. Ridjal berpendapat tren segmen low SUV kini terus berkembang di Indonesia. Arahnya positif meski belum bisa sampai menggeser low MPV.

Menurutnya lagi pasar mobil 7-penumpang tetap dominan di dalam negeri. Bila ditambah kombinasi low SUV maka kemungkinan peluang pasar lebih besar bisa diraih.

Saat ini model global Kia yang sanggup menampung 7-penumpang hanya tiga, yaitu SUV Sorento, MPV Carnival, dan MPV Carens. Dari ketiganya cuma Carnival yang belum ditawarkan di Indonesia.

Sejak IIMS 2014 kabar KMI mencoba mencari celah memasukan generasi ketiga Carnival ke Indonesia sudah tercium. Namun urung terlaksana karena masih bimbang, mesin bensin V6 3.3L kena beban pajak barang mewah (PPnBM) sementara banyak pertimbangan bila mengandalkan mesin diesel 2.2L.

Produk lain yang kemungkinan meluncur yaitu generasi keempat Sportage yang sudah diperkenalkan pada Frankfurt Motor Show 2015. Kabin SUV 5-penumpang ini membesar sebab sumbu roda memanjang hingga 40 mm dari sebelumnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com