Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Kota dengan Jalan Teraman di Indonesia

Kompas.com - 03/12/2015, 17:39 WIB
Aditya Maulana

Penulis


Jakarta, KompasOtomotif — PT Asuransi Adira Dinamika (Adira Insurance) tahun ini kembali melaksanakan Indonesia Road Safety Award (IRSA). Berbeda dengan sebelumnya, penganugerahan IRSA 2015 terdiri dari empat kategori.

Pertama, kota dengan penduduk di atas 1 juta jiwa; kedua, kota dengan penduduk di bawah 1 juta jiwa; ketiga, kabupaten dengan penduduk di atas 1 juta jiwa; dan terakhir kabupaten dengan penduduk di bawah 1 juta unit.

Indra Baruna, CEO Adira Insurance, menjelaskan, perubahan kategori ini bertujuan untuk mengakomodasi saran dan masukan dari kota dan kabupaten peserta IRSA tahun lalu. Ada 61 kota atau kabupaten berdasarkan hasil pendaftaran terbuka atau metode partisipatif dan 15 kota atau kabupaten berdasarkan hasil rekomendasi atau metode non-partisipatif.

Setelah diseleksi, terpilih 16 kota dan kabupaten semifinalis, tetapi harus dipilih lagi menjadi 12 finalis IRSA 2015.

Penilaian pemenang IRSA 2015 ini dinilai pada atribut pilar yang terdapat dalam Rancangan Umum Nasional Keselamatan Jalan (RUNK) yang terdiri dari, Manajemen Keselamatan Jalan, Jalan yang Berkeselamatan, Kendaraan yang Berkeselamatan, Perilaku Pengguna Jalan yang Berkesempatan, serta Penanganan Pra dan Pasca Kecelakaan.


Dari seluruh daerah di Indonesia, kategori kota dengan jumlah penduduk di atas 1 juta jiwa dimenangkan oleh Surabaya, kota dengan penduduk di bawah 1 juta, pemenangnya Balikpapan. Kategori Kabupaten dengan penduduk di atas 1 juta diraih oleh Kabupaten Jepara, dan Kabupaten dengan jumlah penduduk di bawah 1 juta, pemenangnya adalah Kabupaten Hulu Sungai Selatan.

"Atas nama perusahaan, saya ingin memberikan apresiasi tertinggi kepada seluruh finalis IRSA 2015 yang terus berusaha untuk meningkatkan kualitas keselamatan jalan di daerahnya masing-masing," ujar Indra di Hotel Borobudur, Jakarta Pusat, Kamis (3/12/2015).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com