Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dompet Otomotif Astra Menipis Rp 600 Miliar

Kompas.com - 29/10/2015, 17:10 WIB


Jakarta, KompasOtomotif - Laba bersih dari grup bisnis otomotif PT Astra International Tbk (Grup Astra) turun 10 persen sepanjang Januari-September 2015 di bandingkan periode sama tahun lalu, menjadi Rp 5,3 triliun dari sebelumnya Rp 5,9 triliun.

Lewat laporan keuangan perusahaan, Grup Astra menyatakan, lemahnya permintaan otomotif selama sembilan bulan pertama 2015 terjadi karena perlambatan ekonomi. Selain itu, diskon harga di pasar mobil yang disebabkan oleh kelebihan kapasitas produksi terus memberikan dampak negatif terhadap laba bersih.

Bisnis komponen otomotif juga memberikan kontribusi yang lebih rendah, disebabkan oleh berkurangnya volume dan pelemahan nilai tukar rupiah.

Penjualan mobil nasional turun 18 persen menjadi 765.000 unit. Sedangkan, penjualan mobil di bawah naungan Grup Astra juga turun 20 persen menjadi 382.000 unit. Situasi ini menyebabkan penurunan pangsa pasar dari 51 persen menjadi 50 persen. Sepanjang sembilan bulan pertama tahun ini, merek-merek Toyota, Daihatsu, Isuzu, Peugeot, dan BMW telah meluncurkan 14 model baru dan 8 model penyegaran ringan (facelift).

Sepeda Motor

Sementara itu, kondisi serupa juga terjadi pada pasar sepeda motor nasional, di mana terjadi penurunan penjualan 20 persen menjadi 4,8 juta unit. Astra lewat andalannya, PT Astra Honda Motor (AHM) juga harus merasakan penurunan pasar 14 persen menjadi 3,3 juta unit periode sembilan bulan pertama tahun ini di bandingkan periode sama 2014. Tapi, dari segi pangsa pasar, justru membesar dari 63 persen menjadi 68 persen. AHM telah meluncurkan 9 model baru dan 6 model facelift selama periode ini.

Dari sektor komponen, Astra Otoparts mencatatkan penurunan laba bersih sampai 72 persen menjadi Rp 179 miliar, yang disebabkan oleh menurunnya volume dan penurunan margin manufaktur karena pelemahan nilai tukar rupiah.

"Situasi bisnis yang menantang yang dihadapi oleh Grup Astra terus berlanjut dan kami memperkirakan kinerja perdagangan dari seluruh lini bisnis tidak akan mengalami banyak perubahan di sisa penghujung tahun ini," kata Prijono Sugiarto, Presiden Direktur Grup Astra dalam keterangan resminya, Kamis (29/10/2015).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com