Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Alasan Toyota Beri PIlihan Grand New Veloz 1.3L

Kompas.com - 13/08/2015, 09:20 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – PT Toyota Astra Motor (TAM) memberikan pilihan baru untuk ”MPV sejuta umat” dengan melahirkan Grand New Veloz 1.3 yang sebelumnya ada pada mesin 1.500 cc. Pilihan kini semakin banyak, dan pengidam Veloz bisa memilikinya dengan harga yang lebih terjangkau.

Jelas ini bukan spekulasi. Direktur Pemasaran TAM Rahmat Samulo usai peluncuran Grand New Avanza dan Grand New Veloz, Rabu (12/8/2015), di Jakarta, mengatakan bahwa Veloz 1.3 lahir berdasarkan survei internal yang dilaukan TAM tentang Avanza.

”Setelah kami tanya ke konsumen, banyak juga yang menginginkan Veloz dengan mesin 1.300 cc. Avanza lebih menekankan konsumen yang menginginkan kendaraan agresif dengan fitur canggih dan mewah. Sedangkan Veloz canggih dan stylish dan sporty. Karakternya memang beda,” kata Samulo.

Saat ini Veloz berkontribusi sekitar 25 persen dari penjualan Total Avanza. Samulo mengatakan, dengan adanya Veloz 1.300 cc, kemungkinan komposisinya berubah. Sumbangsih Veloz bisa naik 5 persen hingga 10 persen.

”Bukan mengurangi (penjualan) Avanzanya, tapi menaikkan Veloznya. Jadi adanya Veloz 1.3 tidak akan makan pasar Avanza yang selama ini sudah eksis. Kami berharap akan semakin luas, keduanya (Avanza dan Veloz) bertambah,” ujar Samulo.

Tahun ini, TAM memisahkan antara Avanza dan Veloz. Samulo mengatakan bahwa langkah ini untuk membuat perbedaan yang jelas antara keduanya, karena menyasar target konsumen yang berbeda. Dengan begitu, TAM juga semakin mudah untuk mengomunikasikan produk ke konsumen.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com