Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ducati Akhirnya Kembali Sambangi India

Kompas.com - 05/02/2015, 15:40 WIB
Azwar Ferdian

Penulis

New Delhi, KompasOtomotif - Ducati akhirnya kembali ke pasar otomotif India yang sempat ditinggalkan sejak 2008. Kembali beroperasinya Ducati India ini setelah adanya perombakan manajemen dan perubahan sistem yang dilakukan sejak tahun lalu.

Petualangan pabrikan sepeda motor asal Italia tersebut di India harus terhenti setelah mengalami hasil penjualan yang buruk. Manajemen Ducati menyebutkan, pengalaman gagal tersebut terjadi karena mereka bekerja sama dengan orang-orang yang salah.

Ketika itu, Ducati menunjuk Precision Motor sebagai distributor resmi yang mengurus operasi Ducati di India. Sayangnya, bisnis tidak berjalan lancar dan Precision Motor juga dianggap gagal dalam pengembangan layanan purna jual.

Sekarang Ducati melakukan gebrakan baru di India, dengan pendekatan yang berbeda. Mereka tidak lagi bergantung secara berlebihan pada sumber daya lokal yang sudah terbukti salah langkah.

Semua personil sudah siap dan dilatih langsung oleh prinsipal Ducati, dan semua operasi akan berada di bawah pengawasan langsung pusat. Pada dasarnya Ducati memilih untuk melakukan semuanya secara mandiri, dengan keterlibatan mitra lokal yang diminimalisir. Para sales direkrut secara lokal, tetapi seluruh bisnis berada di bawah manajemen Ducati guna memastikan kualitas layanan.

Scrambler

Ducati berencana untuk membawa seluruh line-up untuk pasar India, termasuk model terbaru Scrambler, yang akan dikirim dari pabrik Thailand. Thailand dan India memiliki perjanjian perdagangan khusus, dan ini akan lebih menguntungkan daripada mengimpor utuh dari Italia.

Penjualan akan dimulai pada Maret atau April, dan Ducati akan membuka dua showroom baru, di Gurgaon dan di Mumbai. Hanya, produsen spesialis motor sport ini belum menentukan berapa target penjualan di India sepanjang 2015 ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com