Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Toyota Indonesia Dorong Kelahiran Mobil BBG

Kompas.com - 07/01/2015, 17:00 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Selain menghadirkan produk-produk ramah lingkungan dan hemat bahan bakar sesuai yang digariskan pemerintah, Toyota di Indonesia juga akan fokus mendorong kelahiran mobil berbahan bakar alternatif, terutama gas.

Soal ini, Toyota mengaku sudah sangat siap. Tahun 2015 bahkan dijadikan tonggak untuk segera mempertajam rencana menghadirkan mobil berbahan bakar gas. Direktur PT Toyota Motor Indonesia Manufacturing (TMMIN) I Made Dana Tangkas, (7/1/2014), di Jakarta, mengatakan bahwa saat ini pihaknya sedang ”wait and see”.

”Ke depan kami akan lebih erat bekerjasama dengan stake holder. Termasuk pemerintah sebagai regulator, penyedia infrastruktur (gas), hingga produsen atau penyedia. Gas kan perlu SPBG, atau bio ethanol perlu penanangan khusus. Kalau hybrid sih nggak perlu,” ujarnya usai melakukan sosialisasi program Toyota Eco Youth di Restoran Demang, kawasan pertokoan Sarinah.

Made Dana mengatakan, beberapa kali pertemuan sudah dilakukan, antara Toyota Indonesia, Gaikindo, hingga Perusahaan Gas Negara dan beberapa stake holder lain. Mengerucutkan pemikiran untuk segera menghadirkan mobil berbahan bakar gas masih jauh dari kenyataan.

Saat ini Toyota sendiri sudah punya line up berbahan bakar gas yang siap diluncurkan. Pengujian sesuai regulas dan standar dilakukan untuk Vios/ Limo CNG. Prototipenya sudah pernah dipamerkan beberapa kali di ajang berbeda.

”Kami masih menunggu, terutama untuk rgeulasi dan kesiapan lainnya. Atau siapa dulu yang akan menggerakkan agar cita-cita ini tercapai. Ini untuk kepentingan nasional atau penghematan nasional,” tukas Made Dana.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com