Selasa, 28 Maret 2017

Otomotif

Test Drive Honda Mobilio RS

Dimanja Sistem Audio Honda Mobilio RS

KompasOtomotif-Donny Apriliananda Tambahan tweeter, head unit dengan layar 6,1 inci, serta tombol di setir memanjakan penumpang.

Surabaya, KompasOtomotif – Honda Mobilio RS bukan sekadar pelengkap model yang sudah ada, namun di balik kehadirannya tersimpan misi penting, yakni memberikan kenyamanan lebih untuk penumpang. Selain menambah cantik penampilan luar dengan body kit sporty, PT Honda Prospect Motor (HPM) menginstal paket audio yang lebih mantap.

KompasOtomotif bersama puluhan media nasional lainnya berkesempatan lebih intim dengan LMPV sporty itu di Malang-Surabaya, 13-15 Agustus 2014. Selama berkencan, perhatian utama tertuju pada nuansa kabin yang diklaim banyak berubah jika dibandingkan tiga tipe lainnya (S, E, dan Prestige).

Kesan pertama, lebih tegas. Itu karena semua bagian dilabur hitam. Mulai jok, pelapis pintu, dashboard, hingga setir. Agar seimbang ada nuansa abu-abu di beberapa bagian, termasuk panel pintu, setir, pilar dan atap. Aura ini membuat kesan sporty di luar tetap bertahan saat duduk di dalamnya.

Audio
Yang menarik adalah perubahan audio. Head unit menggunakan merek Kenwood dengan layar monitor 6,1 inci. Peranti ini sama seperti yang digunakan pada All-New Honda Jazz. Audio dalam berbagai format bisa dinikmati, seperti DVD, CD, MP3, WMA, radio, USB.

Menariknya, sistem baru bisa membuat audio terkoneksi dengan iPod, iPhone, atau iPhone App Mode meski membutuhkan kabel opsional untuk iPhone 4 dan iPhone 4s. Layar monitor bisa dipakai untuk memandu jalan lewat GPS internal. Manfaat lain, melihat gambar dari kamera mundur untuk membantu parkir.

Yang membuat telinga ini serasa dimanja adalah hadirnya tweeter (speaker kecil) yang terpasang pada pilar A dekat dengan dashboard. Kombinasi frekuensi suara menjadi semakin lengkap, alhasil kualitas suara semakin jernih. Speaker standar di pintu depan dan kabin belakang sudah lebih dari cukup untuk sekadar menikmati dentuman musik R&B di dalam kota.

Semakin mudah dioperasikan karena HPM meletakkan tombol pengaturan audio pada setir. Dengan begitu, mengoperasikan audio tidak akan mengganggu konsentrasi pengemudi. Tapi sayang, tombol di setir ini tidak menyala saat malam tiba. Pengemudi harus hafal posisi tombol dan sedikit meraba saat ingin mengubah kontrol audio.

Baca Juga:
Mendalami "Kemolekan" Eksterior Mobilio RS

Penulis: Donny Apriliananda
Editor : Azwar Ferdian