Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Toyota Jaga Suplai Unit ke Konsumen Tetap Sehat

Kompas.com - 16/08/2014, 09:30 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Jakarta,KompasOtomotif – Diskon besar di level ritel sanggup mendongkrak penjualan mobil Toyota, Direktur Marketing Toyota Astra Motor (TAM) Rahmat Samulo menjelaskan, telah menjadi kewajiban TAM memastikan suplai unit dari pabrik ke dealer tetap sehat.

Dijelaskan saat ini pasokan unit dari pabrik ke dealer (wholesales) seimbang. Namun ada kemungkinan berubah bila minat masyarakat membeli Toyota meningkat karena digoda diskon besar.

Seperti diberitakan sebelumnya, revisi diskon salah satu kelompok dealer Toyota, Auto2000, berlaku mulai 11 Agustus 2014. Angka terbesar mencapai Rp 35 juta.

“Tentunya aktivitas penjualan seluruhnya ada di tangan dealer. Pertimbangan mereka lebih banyak, maka itu seperti diskon mereka yang putuskan. TAM memastikan semua kebutuhan terpenuhi walaupun ketersediaan unit tidak sama pada setiap model,” terang Samulo, di Jakarta, Jumat (15/8/2014).

TAM menentukan harga dasar setiap model yang dipasarkan di Indonesia, namun tidak mengendalikan keringanan pembelian konsumen di dealer. “Kita tidak bisa membicarakan diskon karena itu ditentukan masing-masing dealer,” jelas Samulo.

TAM berpandangan, diskon besar tidak selalu berpengaruh pada resale value model. Menurut Samulo, angka penjualan lebih banyak dipengaruhi citra merek.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com