Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komunitas

Escaperz, Berawal dari Persoalan Suku Cadang

Kompas.com - 06/05/2014, 19:49 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Berawal dari hobi, ide, dan masalah yang sama, komunitas pemilik Ford Escape memproklamirkan diri sebagai Escaperz. Wadah yang saat ini beranggotakan 160 orang itu tanpa terasa sudah merayakan ulang tahun yang pertama. Ternyata, SUV yang mulai diproduksi pada 2002 itu punya banyak penggemar, terutama karena ketangguhan dan fitur-fitur yang cukup baik di kelasnya.

Anggota tersebar di berbagai wilayah di Indonesia, mulai Jabodetabek, Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali, Palembang, Riau, Jambi, Medan, Kalimantan, Manado, hingga Aceh. Jalinan komunikasi antar anggota ini beragam, mulai BBM Group, Line Group, Facebook, Yahoomilis, sampai Twitter.

Jumlah anggota komunitas berkembang seiring berjalan waktu sejak awal rendezvous (kopdar) di Parkir Timur Senayan, 31 Maret 2013 lalu. Ide dasar pembentukan Escaperz cukup unik, berawal dari sulitnya mendapatkan suku cadang dan kecepatan penangan oleh bengkel resmi.

Escaperz Komunitas pemilik Ford Escape, bermula dari hobi dan kesulitan suku cadang.

Awal berdiri
Kegelisahan ini bermula sekitar dua tahun lalu, ketika para pemilik Escape bertemu di bengkel Ferlindo Engineering dan saling mencurahkan kesulitan-kesulitan tersebut. Sejak itu, Ferry Santosa, pemilik bengkel yang terletak di Ruko Glaze II No. B 22, Gading Serpong BSD, memantapkan diri untuk menyelami dunia Ford Escape, khususnya membantu memudahkan para pemilik.

Sembari mempertajam penanganan masalah mesin dan memastikan pasokan suku cadang di Ferlindo Engineering, para pendiri awal yang terdiri dari Ferry Santosa, Ferdy, Daniel Nugroho dan Haryo Wicaksno membentuk perkumpulan pemilik Escape via BBM group dengan nama Escaperz.

Barulah pada 31 Maret 2013 (31313) komunitas ini melakukan ”kopi darat” pertama bertempat di salah satu café di bilangan Hang Lekir, Kebayoran, Jakarta Selatan. Saat itulah, Escaperz diproklamirkan. Pertemuan lalu dilanjutkan dengan konvoi menuju Lapangan Panahan Senayan.

Dari sini, kopdar rutin digalakkan setiap bulan pada Jumat minggu kedua. Durasi pertemuan rata-rata selama 3 jam, penuh dengan pembahasan unik berkat keberagamaan latar belakang profesi masing-masing. Mulai dari anggota DPR RI, jenderal polisi, kapten pilot perusahaan lokal dan asing, staf ahli perusahaan pertambangan, pemimpin redaksi, karyawan pada perusahaan-perusahaan, hingga para pengusaha.

Escaperz Kopi darat sambil membicarakan hobi.

Jambore Pertama
Seiring semakin solid dan terus bertambahnya jumlah anggota, Escaperz pun menyelenggarakan Jambore yang pertama. Selain untuk lebih merekatkan hubungan antar anggota, forum besar itu juga diharapkan untuk semakin menyebarluaskan keberadaan komunitas ini ke seluruh Indonesia.

Jambore dilakukan pada 3 Mei 2014 lalu di Ruang Srikandi, Bumi Perkemahan Cibubur, Jakarta Timur. Tema yang diusung adalah ”Escaperz Family Gathering”, diharapkan menjadi trigger untuk para anggota agar lebih akrab, saling berbagi cerita tentang kepemilikan dan pengalaman menggunakan Ford Escape.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com