Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Rute ”Reli Neraka” 2015

Kompas.com - 06/04/2014, 17:10 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Sumber Motorcycle

Buenos Aires, KompasOtomotif – Rute Reli Dakar 2015 sudah ditentukan. Tahun depan, para pebalap akan menggeber kendaraan masing-masing selama 13 stage dalam 14 hari. Negara-negara yang dilewati adalah Argentina, Chile, dan Bolivia. Meski serupa, tapi rute tidak sama untuk memberikan pengalaman yang berbeda.

Dalam situs resmi Reli Dakar, ditentukan start akan berlangsung pada 4 Januari 2015 dari Buenos Aires, dan finish pada 17 Januari di tempat yang sama. Kontur rute bermacam-macam, melewati berbagai gurun, pegunungan, dan diarahkan melewati pesisir pantai lautan Atlantik dan Pasifik.

Hingga saat ini, hanya rute di Argentina dan Bolivia yang sudah dikonfirmasi siap. Sementara rute yang melewati Chile, masih menunggu konfirmasi dari pemerintah setempat setelah sebagian besar rute terkena dampak gempa 8,2 skala richter beberapa minggu lalu.

”Kami akan menyesuaikan dengan kesulitan yang dihadapai masyarakat Chile saat ini. Mereka mendapat banyak masalah setelah gempa dan butuh mempertimbangkan dampak lanjutan sebelum ditetapkan sebagai rute Reli Dakar,” ujar Etienne Lavigne, Dakar Rally Director.

Dua samudera
Secara umum, para pebalap akan bergerak ke Barat Buenos Aires melewati San Jan, Argentina. Lalu mereka akan berbelok ke Utara menuju Andes hingga Chile, lalu berhenti di Copiapo. Dari sini, perjalanan akan dilanjut lagi ke Utara menyusuri pantai laut Pasifik menuju Iquique sebagai persinggahan.

Untuk pertama kali, penyelenggara memisahkan hari istirahat untuk kategori balap berbeda. Sehingga, paling seidkit dua kelas akan bersaing setiap harinya. Misalnya, pada 10 Januari, kelas mobil dan truk akan beristirahat, sementara kelas sepeda motor dan kendaraan off-road roda empat ATV (quad), akan melanjutkan perjalanan dari Iquique ke Uyuni, Bolivia.

Mobil dan truk akan menuju Uyuni ketika peserta di kategori sepeda motor dan ATV kembali ke Iquique, lalu beristirahat pada 12 Januari, sembari menunggu mobil dan truk menyusul. Setelah itu, bersama-sama setiap kelas akan melaju kembali ke Buenos Aires.

Berikut rute lengkapnya:
4 Jan : Buenos Aires – Villa Carlos Paz
5 Jan : Villa Carlos Paz – San Juan
6 Jan : San Juan – Chilecito
7 Jan : Chilecito – Copiapo *
8 Jan : Copiapo – Antofagasta *
9 Jan : Antofagasta – Iquique *
10 Jan : Rest (cars/trucks); Iquique – Uyuni (bikes-quads)
11 Jan : Iquique – Uyuni (cars/trucks); Uyuni – Iquique (bikes-quads)
12 Jan : Rest (bikes-quads); Uyuni – Iquique (cars-trucks)
13 Jan : Iquique – Calama *
14 Jan : Calama – Salta
15 Jan : Salta – Termas de Rio Hondo
16 Jan : Termas de Rio Hondo – Rosario
17 Jan : Rosario – Buenos Aires
*menunggu konfirmasi dari Chile

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com