Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kiwami, Sepeda Motor Sport Listrik dari Jepang

Kompas.com - 29/01/2014, 09:03 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Sumber Motorcycle

New Delhi, KompasOtomotif – Produsen sepeda motor listrik, Terra Motors menerlurkan produk baru berdesain agresif futuristik yang diberi nama ”Kiwami”, dalam bahasa Jepang berarti ”ekstrem” atau ”ultimate”.

Pengenalannya dilakukan di India, kemarin (28/1/2014), dan bakal dipertontonkan ke publik pada Delhi Auto Show, awal Feburari mendatang. Kiwami akan menjadi pelopor sepeda motor listrik di negeri dengan pasar sepeda motor nomor dua di dunia tersebut. 

Terra tidak menjelaskan baterai yang diigunakan. Hanya mengatakan, motor listrik  yang digunakan menghasilkan tenaga 10kW  (13,6PS), cukup untuk menandingi performa dahsyat sepeda motor bensin 1.000cc. Juga bisa digeber mencapai kecepatan top 160 kpj. Jarak yang bisa ditempuh dengan baterai terisi penuh 200 km. Proses pengisian ulang baterai enam jam.

Perusahaan yang berbasis di Tokyo dan berdiri sejak 2010 ini berinvestasi sekitar 4,8 juta dollar AS (Rp 58 miliar) untuk berekspansi ke India. Rencananya, sepeda motor listrik ini dijual 28.740 dollar AS, setara Rp 350 juta.

Saat ini di Jepang, Terra sudah punya 1.000 dealer dengan penjualan tahunan mencapai 20.000-an unit. Sebelum Kwami, sudah dipasarkan  skuter A4000i. Saat ini sedang dikembangkan kendaraan beroda tiga untuk taksi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com