Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bos GM "Sowan" ke Kanselir Jerman

Kompas.com - 08/04/2013, 16:06 WIB

Berlin, KompasOtomotif - Dan Akerson, bos General Motors (GM) dan Opel berencana sowan ke Kanselir Jerman, Angela Merkel, di Berlin pada 11 April mendatang. Tujuannya,  menjelaskan strategi bisnis produsen mobil terbesar asal Amerika Serikat itu di di Jerman. 

Juru bicara kenegaraaan Jerman, Georg Steiter mengatakan, pertemuan direncanakan berlangsung satu jam, tertutup untuk media. "Bukan pertemuan khusus yang disiapkan untuk membicarakan Opel," komentar Georg yang dilansir Inautonews, kemarin.

Maret lalu, para pekerja Opel di Bochum menolak rencana restrukturisasi bisnis yang dikeluarkan GM. Padahal manajemen dan pemimpin serikat pekerja. sudah setuju dengan rencana tersebut agar bisa bertahan sampai 2016. Di lain hal, strategi ini akan memakan banyak korban, yaitu PHK massal untuk mengirit biaya produksi.

Saat ini, Opel bersama merek lain di Eropa masih berjuang agar bisa bertahan dari hantaman krisis ekonomi. Kalau kondisi tidak berubah, bisa meyebabkan penutupan pabrik makin cepat, pada 2014. Penutupan pabrik Bochum merupakan bagian dari restrukturisasi GM, sekaligus penutupan pabrik pertama di Jerman sejak perang dunia kedua akibat krisis Eropa.

Opel akan melanjutkan produksi di pabrik GM lain di Jerman dengan tingkat gaji lebih rendah. Para pekerja di Bochum menentang rencana ini, menuntut produksi tetap berjalan. Pembicaraan GM dengan kanselir diharapkan akan menemukan jalan keluar terbaik untuk kedua belah pihak.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com