Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nissan dan Mitsubishi Kawin untuk Mobil Mini

Kompas.com - 08/03/2013, 19:56 WIB

Tokyo & Yokohama, KompasOtomotif  – Nissan Motor Co. Ltd. dan Mitsubishi Motors Corp.hari ini merilis mobil mini hasil kerjasama mereka yang hanya dipasarkan di Jepang. Mobil tersebut diberi nama, untuk Nissan DAYZ dengan versi standar dan DAYS Highway STAR, sedangkan buat  Mitsubisi, eK Wagon dan eK Custom. Menurut kedua prinsipal, mobil baru ini eksterior dirancang bersama.

Perencanaan dan pengembangan dilakukan oleh NMKV Co., perusahaan pantungan bentukan Nissan Motor Co.dan Mitsubishi Motors Corp. Kedua perusahaan menyatukan kekuatannya untuk perencanaan, pengembangan, desain dan pembelian atau penentuan komponen yang akan digunakan.

Dengan cara tersebut, diharapkan mobil ini bisa dijual dengan harga lebih kompetitif dipasar Jepang. Kelebihan yang ditawarkan, irit bahan bakar, kabin lega dan nyaman. Kedua perusahaan akan tetap mempertahankan ciri merek-merek masing pada produk bersama tersebut. Berdasarkan gambar yang dirilis kedua perusahaan, perbedaan hanya terlihat pada gril, bemper depan dan rumah lampu kabut. Untuk dimensi dan mesin, belum dibeberkan.

Ditambahkan, kedua perusahaan juga segera mengembangkan mobil mini kedua, “super tall wagon” yang akan diluncurkan awal tahun depan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com