Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mobil Buatan Jerman Belum Tentu Kuat

Kompas.com - 21/01/2013, 13:56 WIB

London, KompasOtomotif – Sebuah studi dengan hasil menarik dilansir perusahaan asuransi di Inggris, Warranty Direct. Bahwa anggapan sebagian besar masyarakat dunia soal kekuatan mobil buatan Jerman tak sepenuhnya benar. Dikumpulkan dari data klaim pengguna mobil di berbagai perusahaan asuransi di Inggris, kerusakan mesin untuk mobil Jerman cukup tinggi.

Soal kekuatan mesin ini, sejumlah merek Jerman seperti Audi, BMW, dan VW berada di urutan sepuluh terbawah dari 36 produsen mobil dunia yang terdata. Audi berada satu strip di atas mesin buatan MG Rover yang paling sering rusak dan diklaim pengikut asuransi. Nasib MINI juga sama, berada di atas Audi sedikit. BMW? Berada di tujuh terbawah, lalu VW di posisi sembilan dari bawah.

Justru mesin-mesin buatan Jepang yang menjadi kampiun dalam hasil survei ini. Honda meraih ”medali emas” dicap sebagai produsen dengan mesin yang jarang terjadi kerusakan. Angka detailnya, dari 344 mesin terdapat satu kerusakan. Bandingkan dengan Audi yang berdasarkan survei itu, satu dari 27 mesin mengalami kerusakan. Perbedaan cukup jauh dan mencengangkan.

Peringkat kedua adalah Toyota dengan perbandingan kerusakan mesin 1 unit dari 171 kendaraan. Satu-satunya pabrikan Jerman yang ”cukup kuat” adalah Mercedes-Benz dengan perbandingan kerusakan 1 unit dari 119 kendaraan.

Duncan McClure, Managing Director Warranty Direct mengatakan bahwa kerusakan mesin adalah ketakutan terbesar dari konsumen mobil di dunia, karena biayanya dipastikan sangat mahal dan membutuhkan waktu lama untuk memperbaikinya. ”Kerusakan mesin jumlahnya memang lebih sedikit dibandingan komponen lain seperti suspensi. Tapi biayanya membuat orang sangat khawatir, apalagi yang tidak dilindungi oleh asuransi,” ujarnya.

Duncan lantas memberi contoh, kerusakan meson Range Rover Vogue yang pernah diklaim ke Warranty Direct mencapai 13 ribu Poundsterling, atau setara Rp 119 juta!

Berikut rangking lima teratas dan lima terbawah, merek dengan kerusakan mesin hasil survei dari pengguna asuransi di Inggris:

Lima Teratas

 

PRODUSEN

Presentase Kerusakan

Rata-Rata Kerusakan

1

Honda

0,29 %

1 dari 344 mobil

2

Toyota

0,58 %

1 dari 171 mobil

3

Mercedes-Benz

0,84 %

1 dari 119 mobil

4

Volvo

0,90 %

1 dari 111 mobil

5

Jaguar

0,98 %

1 dari 103 mobil

 

Lima Terbawah

 

PRODUSEN

Presentase Kerusakan

Rata-Rata Kerusakan

1

MG Rover

7,88 %

1 dari 13

2

Audi

3,71 %

1 dari 27

3

MINI

2,51 %

1 dari 40

4

SAAB

2,49 %

1 dari 40

5

Vauxhall

2,46 %

1 dari 41

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com