Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menjajal Kontrol Start Nissan GT-R

Kompas.com - 05/11/2012, 18:27 WIB

Sendai, KompasOtomotif - Salah satu fitur yang terdapat di Nissan GT-R untuk membantu optimalisasi daya cengkram saat berakselerasi dari posisi diam adalah kontrol start (launch control). Fitur ini mengatur bukaan gas, bekerjasama dengan kontrol traksi dan stabilitas untuk mendapatkan daya cengkram ban dan mencegah terjadinya spin (berputar di tempat). Maklum mobil sport punya 550 PS. 

Berikut langkah-langkah untuk mengaktifkan seperti yang disampaikan instruktur saat test drive di Sirkuit Sugo Sports Land, Sendai, Jepang akhir pekan lalu. Untuk mengaktifkannya terdapat 3 tombol yang berurutan dari kiri untuk mengatur transmisi, suspensi dan stabilitas kontrol.

Langkah pertama, setelah mesin dihidupkan, transmisi harus netral. Aktifkan transmisi ke mode sport dengan mengarahkan tombol ke atas. Tunggu sampai indikator huruf "R" menyala yang menandakan mode tersebut sudah aktif. Untuk suspensi biarkan pada posisi normal. Tombol kontrol stabilitas diarahkan ke mode sport dengan cara semula.(transmisi).

Setelah itu injak pedal rem menggunakan kaki kiri. Masukkan gigi ke posisi maju agar bisa menggunakan mode otomatis atau sekuensial. Tekan pedal gas sampai habis. Tanda kontrol start aktif bila putaran mesin ditahan pada angka 4.000 meski  (pedal pedal gas ditekan habis). Untuk melaju, lepaskan pijakan pada pedal rem dan gas tetap pada posisi bukaan gas penuh.

Sekitar hampir sedetik mobil akan melaju pada kecepatan penuh tanpa spin. Pastikan lingkar kemudi digenggam dengan erat agar posisi mobil tetap lurus ke depan. Saking kuatnya hempasan efek G force, kepala seperti tertarik ke balakang. Adrenalin pun langsung terpacu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com