Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kia Jual Rio Sedan di Bawah Rp 200 Juta

Kompas.com - 30/09/2012, 16:36 WIB

Jakarta, KompasOtomotif — Segmen sedan kompak di Indonesia saat ini tak semeriah hatchback. Pasalnya, harga sedan mahal karena pajaknya lebih tinggi dibandingkan hatchback.

Kendati demikian, Kia Mobil Indonesia (KMI) berencana memasarkan Rio sedan mulai tahun depan dengan pilihan transmisi manual dan otomatis. Harga yang ditawarkan cukup menarik—kendati belum pasti—untuk manual dilepas di bawah Rp 200 juta, sedangkan otomatis berbeda sekitar Rp 10 juta. Sebagai pembanding, Toyota Vios dijual mulai Rp 221 juta, Honda City Rp 262 juta, dan Ford Fiesta Sedan Rp 214 juta.

Spesifikasi tidak berbeda jauh dengan varian hatchback, termasuk peranti hiburan. Head unit sudah dilengkapi koneksi Bluetooth, USB, dan Aux. Sementara itu, di setir hanya tersedia tombol pengatur informasi (tripmeter dan reset). Di panel instrumen juga ada indikator Eco untuk memandu pengemudi berkendara dengan irit.

Tambahan lain, power steering elektrik, kantong udara tunggal (pengemudi), sensor parkir (belakang), dan ABS. 

Posisi kaca belakang Rio sedan lebih landai dibanding hatchback, tetapi ruang kepala baris kedua tetap lega. Lampu rem didesain agak ramping dengan posisi horizontal.

Untuk sumber tenaga, mesin yang digunakan sama dengan hatchback, yaitu Gamma 1,4 liter 4-silinder DOHC, CCVT, yang menghasilkan tenaga 107 PS @6.300 rpm dan torsi 13,8 kgm @4.200 rpm. Konsumsi bahan bakarnya diklaim 14 km-18 km per liter. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com