Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lagi-lagi Ford “Recall” Escape 2013

Kompas.com - 06/09/2012, 18:28 WIB

Detroit, KompasOtomotif – Ford kemarin kembali mengumumkan, me-recall untuk ketiga kalinya, Escape 2013 yang  diluncurkan  Maret lalu. Kali ini recall dilakukan lantaran adanya komponen pada blok mesin (bagian dari sistem pendingin), yaitu cup plug atau tutup berbentuk mangkok (juga disebut freeze plug) pada blok mesin.

Dijelaskan, karena adanya rembesan atau kebocoran pada tutup tersebut konsentrasi glycol pada coolant atau cairan pendingin bisa menimbulkan kebakaran di ruang mesin.
 
Recall dilakukan terhadap 7.600 Escape bermesin 1.6 liter yang diproduksi dari 5 Oktober 2011 sampai 31 Agustus 2012 dan terbatas pada unit yang dijual di Amerika Serikat (6.150 unit) dan Kanada (1.300 unit). Sejauh ini belum ada pemilik mobil yang ikut terbakar. Hanya satu unit Escape pada dealer Ford Tennessee terbakar pertengahan Agustus lalu.

Juru bicara Ford, Marcey Zwiebel yang dikutip oleh Automotive News mengatakan, cup plug tersebut tidak terpasang dengan baik dan longgar. “Dari sanalah, cairan pendingin merembes,” tegasnya
 
Recall pertama terhadap SUV, disebabkan karpet tidak terpasang dengan baik dan bisa mengganggu gerakan pedal rem. Recall kedua - lebih gawat - selang bensin bocor dan tentu sangat gampang memancing api. Untuk kasus ini, Ford mengambil langkah cepat, meminta pemilik tidak menggunakan dulu SUV-nya. .  

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com