Rabu, 26 November 2014

Otomotif


Jupiter Z1: Atas-Bawah Mantap!

Penulis: Agung Kurniawan | Kamis, 12 Juli 2012 | 07:16 WIB
Dibaca:   Komentar:
|
Share:
  • Sumber : KompasOtomotif | Author : AGK

    Yamaha berharap Jupiter Z1 bisa mempertahankan dominasinya di dunia balap bebek.

  • Sumber : KompasOtomotif | Author : AGK

    Meski desain tidak banyak ubahan, mesin mendapat pembaruan signifikan.

  • Sumber : - | Author : Dimas Pradopo

    KompasOtomotif waktu menjajal Jupiter Z1 didampingi pembalap Yamaha.

  • Sumber : KompasOtomotif | Author : AGK

    Pebalap profesional juga ikutan jajal Jupiter Z1.

Bogor, KompasOtomotif - Setelah resmi meluncurkannya,   Yamaha Indonesia langsung mempersilahkan jurnalis mengetes langsungJupiter Z1 di sirkuit International Sentul, Bogor. Untuk mengetahui kemampuan "sekelebat" bebek ini, cukup dengan menarik grip gas sampai  habis! 

KompasOtomotif  salah satu peserta yang tidak mau ketinggalan menjajal bebek perdana Yamaha yang dibekali sistem injeksi ini. Setelah menggunakan perlengkapan safety riding, langsung pilih motor. Putar kunci, tekan tombol starter lansung tergengar suara merdu membulat dari unjung knalpot. Sedikit berbeda dari Jupiter Z lawas yang agak  cempreng.

"Salah satu yang kita ubah adalah suara yang dihasilkan Jupiter Z1,  kini lebih bulat, sesuai keinginan konsumen," beber Sutarya, Direktur Pemasaran PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) kepada KompasOtomotif, sebelum memulai tes.

Responsif
Waktu duduk di atas jok, memijakkan kaki di sandarannya dan tangan menggenggam setang, rasanya sama dengan pedahulunya. Perbedaan yang dirasakan adalah, gerakan putaran gas Jupiter Z1 lebih pendek karena dikurangi 20, membuatnya makin mirip motor balap!

Saat memulai uji coba, grip gas diputar sampai penuh sehingga terasa hentakkan hampir di setiap pergantian gigi. Tikungan "S" besar dilalui dengan mudah, tanpa harus menurunkan transmisi, tetapi tetap harus mengaktifkan rem di bibir tikungan. Tingkungan bisa dilewati dengan kecepatan 60-70 kpj. 

Ban belakang terasa sedikit membuang. Kemungkinan berasa dari ban standar 80/90-17. Tinggal memperbesar ukuran ban satu tingkat, dipastikan bakal lebih nempel di aspal.

Masuk pada tukungan "S" kecil, karakter mesin Jupiter Z1 yang responsif langsung terasa. Dengan menurunkan transmisi ke posisi "3" dan grip gas kembali diputar, tidak ada gejala kehilangan tenaga atau "boyo". Tenaga di putaran atas juga mantap! 

"Settingan injeksi yang ditanamkan Yamaha pada Jupiter Z1 ini berhasil mengubah karakter mesin, tarikannya mantap atas-bawah! Tapi dengan catatan, wajib menjaga putaran mesin tetap tinggi dan jangan sampai drop," beber Doni Tata, pebalap profesional yang juga ikut pada tes ini. 

Yamaha mengklaim, mesin Jupiter Z1 kini bertenaga 10,06 PS @7.750 rpm dan torsi 9,9 Nm @6.500 rpm. Beberapa ubahan lain yang dilakukan pada mesin adalah, penggunaan pistron forged dan ring piston tipis. Tak ketinggalan, pengadopsian  kruk as ala dengan YZ  pada Jupiter ini membuat mesin langkah panjang  makin tahan banting dan responsif.

"Aliran udara dari filter didesain dengan arus ke bawah, sama seperti  pada sepeda motor balap Yamaha. Kalau mau menambah tenaga 10 persen, caranya gampang, copot saja filternya," beber Assistant General Manager Technical Support PT Yamaha Motor Kencana Indonesia, Muhammad Abidin.

Sebagai bebek harian, paket yang ditawarkan Jupiter Z1 sudah lebih dari cukup dengan segmen pasar utama 17-25 tahun. Kemudahan dimodifikasi merupakan tujuan utama Yamaha untuk mempertahankan Jupiter Z1 sebagai bebek juara di arena balap. 

 


Editor : Zulkifli BJ