Jumat, 25 Juli 2014

Otomotif


Yamaha Siap Luncurkan All New Jupiter Z 1

Penulis: Agung Kurniawan | Rabu, 04 Juli 2012 | 18:17 WIB
Dibaca:   Komentar:
|
Share:
  • Sumber : Yamaha | Author : -

    Yamaha segera remajakan Jupiter Z dengan generasi terbaru.

  • Sumber : Yamaha | Author : -

    Yamaha mulai luncurkan "teaser" Jupiter Z 1.

Jakarta, KompasOtomotif -  Yamaha Indonesia terus menunjukkan komitmen untuk memasarkan model berteknologi injeksi. Kali ini, PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) siap meluncurkan generasi terbaru Jupiter Z 1 di Jakarta, awal pekan depan.

Salah satu indikasinya, Yamaha Indonesia sudah mengeluarkan teaser di situs resmi dengan tulisan, "Mesin Baru, Fuel Injection, Performa Semakin Dahsyat!". Tapi, ini saja belum cukup, KompasOtomotif berhasil memperoleh data tambahan dari sumber dalam perusahaan yang cukup valid.

Dari iklan tersebut, Yamaha memastikan Jupiter baru ini dibekali sistem injeksi, namun bukan YMJET-FI yang ada pada skutik Mio J dan Soul GT. Maksud mesin baru di sini karena menggunakan forged piston tetapi kepala silindernya bukan Diasil (Die Aluminium Silicon). Keputusan ini diambil untuk mempertahankan prestasi kalau Jupiter Z memang dikenal sebagai juara balap tingkat nasional maupun ASEAN.

Jadi, modifikasi bisa tetap dilakukan maksimum, sekaligus mampu mempertahankan gelar juara bebek sport di ajang balap. Menurut si sumber, Jupiter bukan cuma mengalami ubahan jeroan, tapi juga penampilan. "Pokoknya mulai dari depan sampai belakang, (desain) semuanya berubah total. Lebih sporty sesuai kegemaran anak muda," beber sumber itu.

Selanjutnya, dari kata "Performa Semakin Dahsyat!" Yamaha menjanjikan tenaga yang lebih besar tapi lebih irit konsumsi bahan bakarnya. Teknologi pengabutan injeksi membuat asupan bensin yang disemburkan ke ruang bakar lebih presisi sehingga tidak boros karena sesuai kebutuhan. "Tenaganya bisa meningkat 15-20 persen dari yang lawas," jelas sumber itu lagi.

Makanya, Yamaha memakai nama Jupiter Z1 untuk membedakan bebek ini sudah berteknologi injeksi. Masalah banderol, belum ada angka bulat, namun dipastikan akan ada kenaikan dari model lawas yang Rp 14,95 juta. Berarti bakal bermain di rentang Rp 15 juta - 15,5 juta (on the road) Jakarta. Setuju?!

 


Editor : Bastian