Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Uji Coba Resmi MotoGP 2012

Honda Absen, Yamaha Dominasi Tes Hari Kedua

Kompas.com - 29/02/2012, 16:32 WIB

SEPANG, Kompas.com - Kemarin, pada hari pertama uji coba resmi kedua MotoGP 2012 di Sepang, Malaysia, Dani Pedrosa mengalami persoalan pada mesin. Untuk mencari tahu penyebabnya, Honda melakukan pengecekan lanjutan, dengan konsekuensi semua empat pebalapnya absen pada uji coba hari kedua ini, Rabu (29/2/12).

Saat latihan kemarin, Pedrosa sebenarnya tampil cukup impresif sehingga finis di posisi kedua, di belakang rekan setimnya di Repsol Honda, Casey Stoner. Akan tetapi, pebalap Spanyol tersebut terpaksa kembali ke pit setelah mesinnya bermasalah saat sesi terakhir.

"Itu saat lintasan lurus dan kemudian motor mengalami beberapa masalah. Saya mendapatkan lampu merah sehingga ini berarti anda harus berhenti. Kemudian saya melakukan kopling. Sekarang mereka sedang melakukan pengecekan," ujar Perosa, pada Selasa (28/2/12) malam.

Proses pengecekan itu berlangsung hingga Rabu pagi, yang berarti empat pebalap pengguna mesin RC213V, yaitu Stoner, Pedrosa, Alvaro Bautista (Gresini), dan Stefan Bradl (LCR), terpaksa absen pada dua jam sesi pembuka yang berlangsung di trek kering, sebelum hujan deras mengguyur lintasan pada tengah hari.

Pernyataan Repsol Honda yang dikeluarkan pada hari Rabu sore, menjelaskan:

"Karena adanya kegagalan mesin pada mesin RC213V milik Dani Pedrosa saat uji coba kemarin, HRC mengirim mesin itu ke Jepang untuk analisa.

"Umpan balik setelah investigasi itu positif, tetapi mesin itu datang setelah makan siang ketika sirkuit Sepang basah karena hujan deras, sehingga para pebalap Repsol Honda tidak bisa turun ke trek.

"Casey Stoner dan Dani Pedrosa akan kembali ke trek pada besok hari dan melanjutkan program uji coba mereka."

Dengan absennya empat pebalap Honda, maka Yamaha tampil dominan dalam catatan waktu sampai dengan hujan menghentikan sesi uji coba. Pasalnya, empat pebalap mereka menghuni posisi empat besar, dengan duo tim pabrikan, Ben Spies dan Jorge Lorenzo di depan, terpaut 0,008 detik, disusul duo satelit Yamaha Tech 3, Andrea Dovizioso (+0,237 detik) dan Cal Crutchlow (+0,410 detik).

Nicky Hayden, yang menjadi pebalap teratas dari tim Ducati berada di urutan kelima (+0,463 detik), disusul pebalap Pramac Hector Barbera (+0,704 detik), dan rekan setim Hayden, Valentino Rossi (+0,845 detik).

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com