Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nih, Wujud "Crossover" Audi Q3

Kompas.com - 08/04/2011, 11:34 WIB

SHANGHAI, KOMPAS.com — Audi AG bakal memboyong crossover Q3 di Shanghai Motor Show pada akhir bulan ini. Tentu ada yang penasaran, seperti apa wujudnya? Kebetulan, produsen yang berbasis di Ingolstadt, Jerman, ini membocorkannya, meski dalam bentuk sketsa melalui media internet.

Audi Q3 diposisikan untuk menjegal rival lain di segmen yang sama, seperti BMW X1 dan Range Rover Evoque. Tampilannya lebih tangguh dan dimensinya lebih kecil dari Audi Q5.

Desain grill, lampu utama, dan bumper tak beda jauh dengan "sang kakak" (Audi Q5). Dari kabar yang berembus, Audi bakal membekali mobil ini dengan beberapa varian mesin, antara lain mesin 2,0 liter empat silinder turbo TFSI bertenaga 200 HP, mesin 3,0 liter diesel, dan mesin 3,0 liter bensin supercharger V6 bertenaga 333 HP.

Produksi Q3 akan dilakukan oleh perusahaan induk, Volkswagen AG, di pabrik Martorell dekat Barcelona, Spanyol. Pembukaan pabrik ini bakal menyerap sedikitnya 700 tenaga kerja baru dan, kabarnya, VW juga lagi menyiapkan merek baru, Seat, untuk mendampingi Audi.

China dipilih sebagai lokasi kemunculan perdana bagi Q3 karena merupakan pasar terpenting Audi untuk saat ini. Sepanjang kuartal pertama tahun ini, penjualan di China dan Hongkong tercatat 64.122 unit atau naik 24,5 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

"Meneruskan rekor kami tahun lalu, pada kuartal pertama 2011, kami berhasil mencapai pertumbuhan positif di China. Tahun ini, kami menargetkan penjualan sedikitnya 280.000 unit," ujar Peter Schwarzenbauer, Direksi Pemasaran dan Penjualan Audi AG.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com