Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Luar Biasa, Etios Terjual 12.000 Unit dalam Dua Pekan

Kompas.com - 16/12/2010, 15:11 WIB

TOKYO, KOMPAS.com — Walau baru diluncurkan di India pada 1 Desember 2010, mobil murah Toyota, Etios, yang dibanderol 496.000 rupee (Rp 98,8 juta) sudah terjual 12.000 unit. Padahal, unit belum dikirim ke dealer dan baru diproduksi pada pekan depan di pabrik Belangore, India.

Toyota mengaku senang terhadap tingginya sambutan konsumen terhadap Etios. Pesanan yang masuk sudah menutup 17 persen dari total target jualan per tahun yang diset pada 70.000 unit. "Pesanan ini jauh di atas ekspektasi," ujar Yoshinori Noritake, Toyota Chief Engineer, seperti dilansir economictimes, Rabu (15/12/2010).

Pada 2009, Toyota—produsen otomotif terbesar di dunia—baru menikmati 3 persen dari total pasar di India yang berjumlah 2 juta-an unit. Dengan Etios, prinsipal berupaya mendongkrak penjualan yang didominasi Maruti Suzuki hingga 45,8 persen dan Hyundai (15,9 persen).

Sejumlah analis pasar memprediksi, pasar otomotif di India berpotensi menyentuh 6 juta unit dalam 10 tahun ke depan seiring meningkatnya ekonomi negeri. Makanya, Toyota begitu keras berjuang untuk bisa menguasai pangsa pasar seperti di Amerika.

Ekspor Untuk memenuhi targetnya itu, selain Etios sedan, Toyota juga sudah menyiapkan varian hatchback-nya, Liva, yang mulai dipasarkan pada April 2011. Yoshinori Noritake menambahkan, Toyota berencana mengekspor Liva ke sejumlah negara berkembang dalam beberapa tahun ke depan. Apa Indonesia salah satunya?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com