Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Toyota Lagi Pelajari Datangkan Liva

Kompas.com - 13/12/2010, 09:18 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Setelah Toyota Motor Corporation resmi meluncurkan Etios dan Liva di India awal bulan ini, akankah salah satu atau kedua kendaraan tersebut masuk ke Indonesia? PT Toyota Astra Motor mengaku tengah melakukan penelitian terkait kemungkinan ini.

"Belum, setelah peluncuran di India kami masih harus benchmark dulu, setelah itu studi dulu," ujar Joko Trisanyoto di Sentul, Jawa Barat, Sabtu (11/12/2010).

Tapi, tanda-tanda TAM sedang mempelajari keinginan untuk mendatangkan Liva adalah mereka mengirimkan tim kecil ke India saat peluncuran. Di antaranya hadir Widyawati Widagdo, Head Marketing Planning & Customer Relation Division TAM.

Perkiraan Kompas.com, Toyota cenderung lebih memilih Etios dan Liva yang hatchback untuk dipasarkan di Indonesia. Hal itu karena beban pajak barang mewah hanya 10 persen dibandingkan model sedan (30 persen) sehingga membuat harga jualnya lebih kompetitif. Namun, lagi-lagi TAM belum mau membocorkan rencana tersebut ke wartawan.

"Belum ada rencana ke sana. Apalagi ada produk (Yaris) di segmen yang sama sekarang ini," tutup Joko.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com