Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Begini Cara Memanaskan Mobil yang Benar

Kompas.com - 25/05/2024, 06:22 WIB
Selma Aulia,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

SOLO, KOMPAS.com - Memanaskan mobil mejadi rutinitas yang biasa dilakukan sebelum memulai perjalanan.

Tujuan utama dari memanaskan mobil adalah memastikan bahwa mesin mobil sudah siap dan bisa bekerja dengan optimal, sehingga perlu dilakukan dengan benar.

Iwan, Pemilik Iwan Motor Honda Auto Clinic, mengatakan, memanaskan mobil bisa dilakukan dalam kondisi diam di garasi tanpa harus berjalan.

Manasin mobil cukup di tempat saja, dan tidak perlu lama-lama,” kata Iwan kepada Kompas.com, Jumat (24/5/2024).

Baca juga: Hasil Practice MotoGP Catalunya 2024, Aleix Tercepat

Ilustrasi kunci mobilHonda Solo Baru Ilustrasi kunci mobil

Setelah suhu mesin sudah ideal, maka performa unit sudah optimal dan siap digunakan untuk perjalanan.

“Begitu stasioner sudah normal mobil siap jalan. Memanaskan mobil jangan terlalu lama karena hanya pemborosan BBM dan polusi saja, cukup dilakukan 3-5 menit,” kata Iwan.

Iwan juga mengatakan, waktu memanaskan yang singkat tidak berlaku untuk mobil tua, karena sudah banyak keausan sehingga dibutuhkan lebih lama pemanasannya.

“Supaya dipastikan sistem pelumas dan pendingin betul-betul sudah bersirkulasi dan berlawanan dengan sempurna, maka pemanasan dilakukan lebih lama,” kata Iwan

Baca juga: Hyundai Palisade XRT Sudah Bisa Dipesan, Dikirim Awal Juni 2024


Iwan juga menjelaskan, hal ini berguna untuk menghindari kerusakan yang fatal akibat mobil langsung bekerja dengan beban berat,” kata Iwan.

Selain itu, Iwan juga mengatakan, untuk mobil manual ketika dipanaskan pastikan tuas transmisi di N. Sedangkan mobil dengan transmisi matik, tuasnya di P dan rem tangan aktif.

“Sebisa mungkin jangan di N, ini untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, seperti rem tangan tidak pakem atau tuas (transmisi) matik secara tidak sengaja didorong masuk ke D,” kata Iwan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com