Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bus dan Truk buat Pemudik Honda Motor

Kompas.com - 22/08/2010, 08:22 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Buat pemudik yang mengendarai sepeda motor Honda, nih ada kabar gembira dari PT Astra Honda Motor. Tahun ini, produsen roda dua Honda itu menyiapkan 10 truk pengangkut sepeda motor dan 21 bus penumpang untuk melaksanakan kegiatan Mudik Bareng Honda atau MBH. Selain itu, PT Astra Honda Motor juga akan mengawal arus balik dari daerah menuju Jakarta dengan tajuk Balik Bareng Honda.

Direktur Pemasaran PT Astra Honda Motor (PT AHM) Julius Aslan mengatakan, penyelenggaraan kegiatan mudik bareng ini merupakan bentuk tanggung jawab sosial Honda dalam upaya mengurangi angka kecelakaan. "Penambahan jumlah truk dan bus serta menyelenggarakan mudik bareng untuk arus balik kami harapkan dapat meningkatkan keamanan dan kenyamanan bagi pemudik serta menekan angka kecelakaan," ujarnya di sela-sela buka puasa bersama wartawan, jelang akhir pekan.

Dari 10 truk, tujuh untuk mengangkut sekitar 350 sepeda motor. Sisa tiga unit untuk menaruh barang pemudik yang berlebihan. Pemilik sepeda motor akan menggunakan 14 bus yang sudah disediakan perusahaan.

Rute mudik yang disediakan AHM meliputi Jakarta-Semarang, Jakarta-Yogyakarta, Surabaya-Yogyakarta, dan Semarang-Yogyakarta. Secara total, akan ada 2.500 sepeda motor.

"Kami batasi mudik tahun ini hanya untuk pengendara dewasa maksimal dua orang. Kalau lebih akan diarahkan ke bus. Jika ada barang bawaan berlebih dianjurkan menitipkannya di truk yang disediakan. Semua fasilitas gratis," papar Kepala Divisi Honda Customer Care Center (HC3) AHM Istiyani Susriyati.

MBH dilaksanakan dalam dua sesi. Pertama, 5 September untuk keberangkatan rombongan truk dan bus. Kedua, untuk keberangkatan motor berlangsung pada 7 September. Adapun arus balik dimulai pada 18 September dari Semarang-Jakarta.

Seluruh program diselenggarakan bekerja sama dengan Ditlantas Polri dan polda setempat, harian Kompas, Warta Kota, Sonora, dan Surya. Pemudik akan mendapatkan pengawalan dari petugas kepolisian kota pemberangkatan menuju kota tujuan.

Untuk turut serta dalam kegiatan ini, setiap pengguna motor harus mendaftar dan membayar biaya Rp 50.000. Dengan dana ini, pemudik akan memperoleh jaket, peta mudik, voucer bensin selama perjalanan, serta asuransi kecelakaan untuk pengendara dan pembonceng. Pemudik juga berkesempatan memenangkan doorprize berupa 4 motor Honda dan hadiah hiburan lainnya dengan total nilai sekitar Rp 100 juta.

Posko mudik Untuk memberi kenyaman bagi pengendara Honda motor, AHM telah menyiapkan 42 titik posko mudik yang terdiri dari empat Posko Eksklusif di Nagrek, Pamanukan, Tegal, dan Caruban yang buka 24 jam, 14 Posko Image (24 Jam), dan 24 bengkel AHASS Siaga yang buka 16 Jam.

Di setiap posko terdapat beragam fasilitas, mulai dari takjil gratis, alat pijat refleksi, suvenir, dan pengecekan tensi darah. Khusus untuk sepeda motor yang digunakan mudik, ada tawaran pemeriksaan dan tune up gratis, konsultasi teknis, dan diskon suku cadang hingga 20 persen.

"Kami menyebut posko khusus ini dengan Bale Santai Honda yang akan beroperasi pada 7-13 September. Beberapa posko sudah disediakan tempat istirahat ber-AC 24 jam khusus. Bahkan, untuk empat Posko Eksklusif, kami menyediakan fasilitas gratis Wi Fi bagi pemudik,” beber Istiyani.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com